Yuk Cari Tau, Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Wasir

infogeh.net, Tips & Trik – Wasir (Hemoroid) atau banyak dikenal dengan istilah umum ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah yang berada di dalam dan sekitar anus, serta bagian luar dubur.

Pembengkakan ini dapat menjadi masalah bila terjadi peregangan dan tekanan secara terus menerus. Akibatnya, pembuluh darah dan jaringan penyangga menjadi lemah dan menonjol keluar. Wasir terdiri dari 2 macam, yaitu wasir bagian luar dan wasir bagian dalam.

Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam, bisa disebabkan oleh faktor keturunan, sembelit (susah buang air besar) kronis, kurang baiknya fungsi usus besar karena penggunaan obat pencahar yang berlebihan atau seringnya kram saat mengejan, terlalu lamanya waktu yang digunakan saat buang air besar (misal: sambil membaca), kehamilan, dan bisa juga disebabkan karena telah lanjut usia sehingga tulang penopang menjadi lemah.

Apasih Gejalanya?

Berikut Gejala-gejala seseorang mengalami penyakit wasir, yaitu :

1. Keluarnya darah segar saat mengejan, baik menetes, menyembur, maupun membekas pada tisu/kain.
2. Keluarnya tonjolan saat mengejan.
3. Rasa sakit atau gatal di sekitar anal.
4. Adanya satu atau lebih benjolan yang sensitif.

Terdapat 4 stadium wasir, yaitu :

1. Stadium satu; dubur mengeluarkan darah.
2. Stadium dua; terdapat tonjolan yang keluar dari dubur, namun tonjolan ini dapat masuk kembali jika terjadi kontraksi.
3. Stadium tiga; terdapat tonjolan yang keluar dari dubur, namun hanya dapat masuk kembali jika dibantu dorong menggunakan jari.
4. Stadium empat; terdapat tonjolan permanen pada dubur dan tidak dapat dimasukkan kembali.

Jika seseorang telah terkena wasir, maka untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan beberapa cara, diantaranya dengan mengkonsumsi banyak makanan berserat dalam jumlah besar secara teratur (misalnya sayuran, roti, dan sereal), minum banyak air putih, menghilangkan kebiasaan membaca saat buang air besar, melakukan perawatan khusus, seperti ligasi, injeksi, atau koagulasi sinar infra, sampai dengan melakukan operasi wasir (hemoroidektomi).

Operasi merupakan metode terbaik untuk penyakit wasir stadium tiga dan empat. Operasi ini dilakukan dengan anastesi dan rawat inap. Terdapat 3 metode operasi yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Operasi wasir dengan Laser
Operasi wasir dengan menggunakan laser (alat dengan suhu 150-4000C). Biayanya lebih mahal, namun tetap tidak mengurangi rasa sakit.

2. Diatermi Hemoroidektomi
Pengangkatan wasir dengan alat bantu bersuhu tinggi ±1500C. Tindakan ini akan mengurangi rasa sakit setelah operasi, tetapi tidak mengurangi rasa sakit pada saat buang air besar, yang biasanya hanya berlangsung enam hingga delapan minggu.

3. Operasi wasir dengan Stapler
Tindakan ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut stapler. Tindakan stapler adalah memindahkan wasir kembali ke posisi semula, di mana pada saat yang sama, memotong dan menghentikan aliran darah dengan menggunakan stapler, sehingga wasir menyusut dan mengecil. Pemotongan dilakukan sekitar 2-4 cm di atas batas ‘linea dentate’ dimana tidak terdapat sensor saraf. Dengan prosedur ini, rasa sakit yang terjadi setelah operasi maupun pada saat buang air besar menjadi berkurang.

Jika Sobat mengalami sakit wasir, Segera cek ke dokter ya 🙂