Trending Twitter!! Kalimantan Selatan Dikepung Banjir, Tagar #PrayforKalSel Naik

infogeh.net, Kalimantan – Tagar #PrayforKalSel yang diartikan sebagai Doa untuk Kalimantan Selatan menggema setelah banjir dan hujan lebat mengepung wilayah tersebut.

Pantauan Serambinews.com, tagar #PrayforKalSel sudah ditweet lebih dari 12,5 ribu pengguna Twitter. Sejumlah warganet mengunggah video suasana banjir yang sudah melanda Kalimantan Selatan sejak Selasa (12/1/2020) lalu.

Akun Twitter LindaMeee @LindMeeluv mengunggah tiga untaian video yang memperlihatkan suasana banjir di Kalimantan Selatan. Dalam satu videonya yang berdurasi 30 detik, terlihat sebuah jembatan mengalami rusak parah.

Jembatan yang diduga menghubungkan antar desa tersebut tidak dapat diakses oleh warga, lantaran penyambung jembatan rusak akibat tergerus banjir. Derasanya air sungai juga terlihat dalam video lainnya, dimana rumah berkonstruksi kayu hayut dibawa oleh terjangan air sungai

Rumah tersebut kemudian hancur setelah menabak jembatan beton. Video lain juga memperlihatkan sebuah warung yang berada dipinggir sungai hayut terbawa terjangan arus sungai.

“Ya Allah tolong lindungi lah kami dari musibah dan marabahaya,” tulis @LindMeeluv.

Kemudian, akun Twitter Flos @wp_flos mengunggah sebuah rekaman video yang memperlihatkan susana di Jalan A Yani, Desa Gunung Raja, Kabupaten Tanah Laut.

Baca Juga Yuk :  Gawat ! Status Lambar dan Pringsewu Naik, Zona Merah di Lampung Jadi Tujuh

Dalam video tersebut, seorang pengunggah melaporkan situasi banjir dengan menumpangi sebuah mobil.

Berikut laporan beliau berdasarkan rekaman tersebut.

“Mohon ijin melaporkan situasi terkini di Jalan A Yani, Desa Gunung Raja berbatasan dengan (Kecamatan) Bati-bati. Airnya semakin dalam! Airnya semakin dalam,”

Terlihat dalam video tersebut, banjir telah mengepung sebuah pemukiman rumah warga. Suasana banjir juga tergambar dari rekaman seseorang yang tengah berada di Polres Hulu Sungai Tengah. Telihat banjir merendam sepeda motor, mobil patroli dan kendaraan dinas kepolisian yang terpakir di halaman Polres.

“Seumuran dinas baru kali ini. BB (barang-bukti) tilangan terendam,”

Kantor propam separuh hampir habis berkas,” ujar perekam, yang diunggah akun Twitter @wargabuana.

Dalam video lainnya yang diunggah @wargabuana, banjir setinggi dada orang dewasa merendam pemukiman rumah warga.

Sejumlah kendaraan roda empat terlihat terendam banjir. Derasnya banjir juga merendam warung dan rumah warga hingga setinggi atap. Video yang menyayat hati tergambar dari unggahan video @pipppssss.

Baca Juga Yuk :  Berdasarkan Value, Deddy Corbuzier Usulkan Raditya Dika untuk Edukasi Vaksin

Dalam rekaman yang berduarasi 30 detik, seorang nenek tak bisa berbuat banyak saat banjir mengengepung rumahnya. Dari keterangan pengunggah, nenek tersebut hanya tinggal berdua bersama suaminya di rumah itu. Beruntung tim dari kepolisian berhasil mengevakusasi nenek malang tersebut. Petugas menggendong nenek yang terbaring di atas tempat tidur itu menuju mobil patroli.

“Allahuakbar, Lailahaillallah,” ujar polisi yang membantu evakuasi nenek tersebut.

Sejumlah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan yang merata selama beberapa hari terakhir. Dua daerah yang terparah dilanda banjir yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.

Selain tingginya intensitas hujan, banjir juga diperparah oleh meluapnya tanggul dan beberapa Sungai.

Selain menggenangi rumah-rumah warga, banjir di Kabupaten Tanah Laut juga menutup akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu.

berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Tribunnews