Tetap Berlanjut, MK Tetap Registrasi Gugatan Yusuf Kohar-Tulus Meski Sudah Dicabut

infogeh.net, Bandar Lampung – Gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) yang diajukan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung nomor 2 M. Yusuf Kohar-Tulus Purnomo, tetap diregistrasi oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Prosesnya akan tetap berlanjut meski kuasa hukum Yusuf-Tulus, Ahmad Handoko menyatakan sudah mencabut gugatan tersebut pasca keluar keputusan KPU Bandarlampung Nomor 007/HK. 03.1-KPT/1871/KPU-kot/I/2021 yang mendiskualifikasi paslon 3 Eva-Deddy.

Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapat pemberitahuan dari MK terkait hal ini dan akan menindak lanjutinya segera.

Baca Juga Yuk :  Waduh! PPKM Level 4 Bandar Lampung Diperpanjang hingga 8 Agustus 2021

“Kita akan konsultasikan ini juga ke KPU RI. Registrasi tersebut sudah ada di website MK, nanti kita akan terima surat dari MK,” ujarnya, Senin (18/1).

Kemudian, setelah ini pihaknya akan menyiapkan jawaban untuk dua gugatan yakni gugatan di MK dan banding paslon Eva-Deddy di Mahkamah Agung (Agung). Menghadapi sidang MK, selain menyiapkan jawaban, pihaknya juga menyiapkan saksi dan bukti lainnya. Pada Jumat mendatang juga akan dilaksanakan rapat koordinasi nasional terkait sengketa PHP di MK.

Baca Juga Yuk :  Waduh! PPKM Level 4 Bandar Lampung Diperpanjang hingga 8 Agustus 2021

“Sementara untuk draft jawaban untuk MK masih kita siapkan, karenakan rencananya kan ditarik ternyata masih diregistrasi,” jelasnya.

Sementara itu, menghadapi banding di MA, pihaknya sebatas mempersiapkan jawaban dan dalil.

“Karena untuk MA, sengketanya hanya lebih ke Tata Usaha negara yang menjadi dan yang menjadi alat bukti lebih ke regulasi dan putusan, dan MA tidak ada persidangan hanya pemeriksaan berkas,” pungkasnya.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi rmollampung