Tekan Penambahan Covid-19 di Arab Saudi, Pelancong 20 Negara Ini Dilarang Masuk

infogeh.net, Riyadh – Negara Arab Saudi mengeluarkan larangan masuk pelancong asal 20 negara, mulai dari negara tetangga sampai Amerika Serikat (AS), dalam upaya menekan meningkatnya angka kasus covid-19 pada Selasa, 2 Februari 2021. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan pelarangan sementara itu yang mulai berlaku pada Rabu, 3 Februari 2021 pukul 21,00 waktu setempat atau Kamis, 4 Februari 2021 pukul 01.00 WIB.

Untuk Eropa, larangan itu mencakup Inggris, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Portugal, Swedia, dan Swiss. Negara lainnya yang terpengaruh aturan itu yaitu AS, Argentina, Brasil, Pakistan, India, Indonesia, Jepang, Pakistan, dan Afrika Selatan.

Warga Arab Saudi, termasuk diplomat dan pekerja kesehatan yang datang dari negara-negara tersebut akan tetap diizinkan masuk namun harus menjalani tindakan-tindakan pencegahan. Keputusan itu diambil pemerintah Arab Saudi setelah Menteri Kesehatan Tawfiq al-Rabiah memperingatkan bahwa pembatasan covid-19 bisa diberlakukan jika warga tetap tidak menjalani protokol kesehatan pada Minggu, 31 Januari 2021.

Arab Saudi telah melaporkan lebih dari 368 ribu kasus covid-19 dan hampir 6.400 kematian, tertinggi di antara negara Teluk.  Kasus harian covid-19 telah turun hingga di bawah 100 pada awal Januari dari puncaknya 5 ribu kasus pada Juni.

Namun, kasus harian ini telah berlipat tiga sejak saat itu dengan 310 kasus dilaporkan pada Selasa, 2 Februari 2021. Arab Saudi telah meluncurkan kampenye covid-19 pada 17 Desember lalu setelah menerima gelombang pertama vaksin dari Pfizer-BioNTech. Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan kampanye vaksinasi akan digelar dalam tiga tahap dimulai dari warga yang berusia di atas 65 tahun dan menderita penyakit kronis, serta mereka yang berisiko tinggi.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampost