Taman Wisata Lembah Hijau Terapkan Wisata Sehat, Tak Perlu Ragu Lagi untuk Datang

infogeh.net, Wisata Lampung – Pengelola Taman Wisata Lembah Hijau sangat mendukung pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus corona.

Tempat wisata ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Khususnya di era new normal ini, Taman Wisata Lembah Hijau menerapkan Wisata Sehat.

Lalu, apa itu Wisata Sehat? Bagaimana pula penerapannya?

Berikut petikan wawancara eksklusif Tim dengan Owner Taman Wisata Lembah Hijau, M Irwan Nasution, Jumat (11/12/2020).

Pemerintah telah menerapkan new normal. Seperti apa pengaruhnya terhadap dunia parwisata di Lampung?

Kebijakan new normal ini pengaruhnya cukup baik terhadap dunia pariwisata di Lampung. Animo masyarakat untuk berwisata juga mulai membaik. Era new normal ini, masyarakat yang jenuh berada di rumah saja akibat pandemi, jadi bisa ke luar rumah berwisata dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Anda strategi apa yang bisa digunakan para pelaku usaha untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di masa new normal ini?

Strategi yang tepat tentu adalah terus memperhatikan protokol kesehatan. Jangan sampai protokol kesehatan kendor.

Protokol kesehatan yakni jaga jarak, tidak berkerumun, menggunakan masker, mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, dan penyemprotan disinfektan rutin. Selain itu, akses menuju Lampung juga harus dipermudah, dan promosi juga harus terus ditingkatkan.

Promosi ini baik dari pemerintah maupun pelaku usaha wisata. Namun, promosi yang dilakukan harus sesuai, yakni promosi yang mengarah ke wisatawan lokal. Kalau ke wisatawan mancanegara saat ini kurang tepat, karena mereka sedang disibukkan terhadap Covid-19.

Bagaimana seharusnya sinergi antara pelaku usaha wisata dengan para stakeholder?

Sinergi harus terus dilakukan antara pelaku usaha wisata, dengan hotel, angkutan, Asita, dan PHRI. Tanpa sinergi tidak akan bisa dan akan terasa berat.

Baca Juga Yuk :  Bangga! Mahasiswa IIB Darmajaya Ini, Berhasil Hafal 30 Juz

Bagaimana perhatian pemerintah daerah terhadap pelaku usaha wisata?

Pemerintah daerah membantu promosi. Kemudian, memberikan arahan dan bimbingan bagaimana wisata di era new normal ini.

Di Taman Wisata Lembah Hijau sendiri, Anda mencanangkan Wisata Sehat. Bisa diceritakan?

Wisata Sehat adalah wisata yang memberikan protokol kesehatan. Sebab, sekarang yang dibutuhkan masyarakat saat datang ke tempat wisata yang utama adalah sehat. Setelah itu baru yang lainnya.

Wisata Sehat inilah yang diberikan Taman Wisata Lembah Hijau. Dalam Wisata Sehat ini Taman Wisata Lembah Hijau menerapkan protokol kesehatan ketat. Seperti pengecekan suhu tubuh. Jika ada yang suhu tubuhnya 37,5 atau lebih akan diminta duduk dan istirahat sebentar.

Lalu dicek lagi suhu tubuhnya, jika turun kami bolehkan masuk, tapi kalau tidak turun kami minta untuk pulang. Kami juga melakukan pencatatan nama, pelat kendaraan, asal darimana, dan nomor handphone.

Selain itu kami menaruh hand sanitizer dan tempat mencuci tangan di beberapa titik. Ada juga rambu jarak duduk, dan marka jalan untuk jaga jarak agar tidak terjadi kerumunan.

Untuk semakin memastikan tidak ada kerumunan, kami mengurangi jumlah pengunjung hingga 50 persen dari jumlah normal sebelum ada pandemi setiap hari.

Ada juga penyemprotan disinfektan rutin setiap hari. Penyemprotan disinfektan itu kami foto dengan google time dan kami posting di media sosial. Pengunjung juga diwajibkan untuk selalu menggunakan masker.

Mulai kapan berjalannya Wisata Sehat di Taman Wisata Lembah Hijau dan bagaimana dampaknya sejauh ini?

Wisata Sehat sudah berjalan sejak Taman Wisata Lembah Hijau buka kembali pada 6 Juni 2020. Setiap hari Taman Wisata Lembah Hijau selalu konsisten menerapkan Wisata Sehat. Tidak pernah sehari pun kami lewatkan.

Baca Juga Yuk :  Gagal !! Penyelundupan Ribuan Ekor Burung Tanpa Dokumen di Lampung Selatan

Sejak penerapan Wisata Sehat, pengunjung yang datang dengan membawa anak tidak ragu lagi. Mereka merasa nyaman dan terlindungi.

Selain Wisata Sehat, ada lagi inovasi baru lain di Lembah Hijau?

Selain Wisata Sehat, kami juga menambah eagle free fly show yakni pertunjukan elang terbang, dan bagaimana elang menyambar mangsa.

Saat ini di Taman Wisata Lembah Hijau ada waterboom, panggung musik. cottage, bom bom car, rumah hantu, mini train, dan taman satwa.

Di dalam taman satwa ada beragam hewan seperti gajah, harimau, orang utan, taman burung, dan sebagainya. Lalu ada foto dengan burung, atraksi satwa, dan foto dengan burung.

Berapa tarif Taman Wisata Lembah Hijau saat ini?

Hingga akhir Desember 2020, kami ada promo satu harga. Hanya dengan Rp 55 ribu sudah dapat tiket masuk, dan bisa masuk waterboom serta taman satwa.

Selain itu pengunjung dapat soft drink, bisa menonton atraksi satwa, dan foto dengan burung gratis. Ke depannya kami akan mengadakan lomba.

Foto saat berkunjung ke Lembah Hijau dan unggah di media sosial. Untuk tahu kapan diadakan, follow akun instagram @lembahhijau.id.

Harapan Anda untuk dunia wisata di Lampung dan Taman Wisata Lembah Hijau?

Harapannya bisa terus berkembang dan meningkat. Selain itu protokol kesehatan juga harus terus diperhatikan demi menjaga dan melindungi pengunjung.

Kami juga berharap pemerintah bisa terus membantu promosi, agar semakin banyak wisatawan datang ke Lampung.

Berita dan informasi ini telah diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Tribunlampung