Tak Temukan Penambang! Razia Tambang Emas Ilegal di Way Umpu Way Kanan Diduga Info Bocor

infogeh.net, Way Kanan – Personil Polres Way Kanan merazia tambang emas ilegal (illegal mining) di beberapa titik di sepanjang aliran sungai Way Umpu dan titik yang memiliki aktivitas penambang emas ilegal, Kamis (28/1/2020). Namun hanya terdapat alat penambang emas dan tidak ditemukan pelaku atau pekerja tambang emas.

Diduga akibat bocornya informasi di kalangan masyarakat.

Menurut Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung, pihaknya merazia tambang emas ilegal di beberapa titik terutaman di sepanjang sungai Way Umpu. Pada kesempatan itu, razia yang berjalan aman dan terkendali tanpa gejolak atau protes warga setempat.

“Kita mendatangi lokasi tambang emas di beberapa titik yang dipetakan, saat anggota melakukan razia hanya terdapat pondok tempat penambang beristirahat. Saat itu kita tidak menemukan aktifitas masyarakat yang melakukan aktifitas penambangan, dan lagi tidak ada kesulitan, cuma medannya aja yang sulit dilewati,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengamankan beberapa barang bukti yang ada di lokasi tambang dan diamankan di Mako Polres Way Kanan untuk penyidikan lebih lanjut. Sedangkan para pelaku penambang emas ilegal diminta untuk tidak melakukan lagi aktifitas penambangan, karena bahan kimia yang digunakan dalam proses pengambilan emas itu sangat berbahaya bagi manusia atau hewan.

“Kita sangat berharap kedepannya tidak ada lagi yang namanya ilegal mining di Kabupaten Way Kanan ini jika himbauan kami tidak diindahkan kembali akan kami lakukan tindakan tegas. Saya perintahkan kepada anggota untuk tersu bergerak, bahkan kita akan bekerja sama dengan instansi terkait seperti Pemkab Way Kanan, Kodim/0427 Way Kanan,” kata AKBP Binsar Manurung.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi lampungpro