Siapkan Jalur Evakuasi Bencana di Bandar Lampung, Inilah 180 Titik yang Berhasil Terpasang

infogeh.net, Bandar Lampung – Seluruh daerah yang rawan akan bencana alam terutama soal tsunami di wilayah pesisir Kota Bandar Lampung telah terpasang rambu jalur evakuasi.

Sekretaris BPBD Bandar Lampung M. Rizki mengatakan, hingga kini rambu jalur evakuasi bencana tsunami telah terpasang di seluruh wilayah Kota Tapis Berseri.

“Mengenai jalur evakuasi sudah terpasang di daerah yang rawan bencana tsunami. Sebenarnya jalur evakuasi tergantung situasi bisa dimanfaatkan, tidak hanya untuk bencana tsunami,” tuturnya melalui telepon, Minggu 21 Februari 2021.

Pihaknya menjelaskan, sampai tahun ini untuk total rambu jalur evakuasi yang telah terpasang sebanyak 180 titik.

Baca Juga Yuk :  Pemkot Bandar Lampung Resmi Longgarkan Jam Buka Mal dan Minimarket

“Pemasangan jalur evakuasi tahun 2017 sebanyak 120 rambu, tahun 2019 sebayak 60 rambu,” jelasnya.

Ketersediaan jalur evakuasi ini menindaklanjuti prediksi dari BMKG akan potensi tsunami yang terjadi wilayah perairan laut Lampung. Peringatan dini tersebut terkait dengan adanya pergerakan lempeng tektonik cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia yang mengarah pada potensi gempa yang dapat menimbulkan tsunami di selatan Pulau Jawa.

Rizki meminta masyarakat Bandar Lampung mewaspadai adanya pergerakan lempeng tektonik di Indo-Australia dengan Eurasia atau Lempeng Sunda di sebelah utaranya atau lokasinya ada di selatan Jawa di laut lepas.

Baca Juga Yuk :  Tingginya curah hujan, Jalan Nasional di Pekon Bedudu Amblas, Warga : kerusakan sudah lama tapi pemerintah cuek

Selain itu, BPBD Bandar Lampung melalui petugas posko yang berada di kecamatan, menjelaskan edukasi atau pemahaman kepada warga tentang situasi kondisi alam dan antisipasi bencana.

“Warga juga selalu kami berikan pemahaman serta edukasi, terutama di kondisi cuaca ekstrem saat ini. Kami minta warga selalu waspada sebab bencana dapat terjadi kapan saja, khususnya di daerah yang rawan,” ujar dia.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampost