Ratusan Warga Kena Sanksi Akibat Langgar Prokes Covid-19 di Pasar Inpres dan Terminal Pasar Kalianda

infogeh.net, Kalianda – Ratusan warga mendapat sanksi hukuman fisik karena melanggar protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di Kalianda, Lampung Selatan, Minggu (31/1/2021). Tercatat, sebanyak 125 orang kena sanksi lisan dan sanksi penghormatan kepada 10 orang pelanggar di Pasar Inpres dan Terminal Pasar Kalianda.

Operasi Yustisi ini dimonitor Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

“Pada Operasi Yustisi ini, kami lebih mengedepankan langkah-langkah humanis melalui himbauan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan guna menanggulangi penyebaran Covid-19,” tutur Pandra.

Selain memberikan sanksi, petugas juga membagikan masker kepada masyarakat yang tidak pakai masker.

“Maksud dan tujuan pemberian teguran lisan dan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, agar memberi efek jera sehingga masyarakat sadar kemudian disiplin menerapkan protokol kesehatan,” imbuh Pandra yang juga peraih Abang None Jakarta 1991 itu.

Operasipsl Yustisi beralih ke sektor pariwisata. Kali ini menyasar Grand Elty Krakatoa Resort di Jalan Lintas Sumatera Nomor 45, Desa Merak Belantung, Kalianda. Pandra mengutarakan, dia ingin memastikan para pelaku usaha khususnya sektor hotel dan pariwisata mematuhi protokol kesehatan penanggulangan Covid-19.

“Kami berharap, para pelaku usaha mematuhi protokol kesehatan dengan menyediakan tempat mencuci tangan, hand sanitizer, masker dan seting tempat duduk berjarak,” kata alumni ilmu reserse dan intelijen FBI di Amerika Serikat itu.

Pandra mendapat informasi para pelaku usaha hotel dan pariwisata khususnya di Grand Elty Krakatoa Resort terdampak pandemi Covid-19.

“Sebelum pandemi, okupansi hotel bisa mencapai di atas 50%. Namun, sejak pandemi maksimal okupansi hanya pada kisaran 40%,” kata Front Office Manager Grand Elty Krakatoa Resort, Melty.

Dari 106 karyawan Grand Elty Krakatoa Resort sampai kini tidak ada yang terjangkit Covid-19, meskipun, Lampung Selatan keluar masuk zona merah. Pada kesempatan itu, melalui pengeras suara, Pandra bersama petugas memberi himbauan langsung kepada para siswa Pramuka dari Lampung Tengah, yang melangsungkan kegiatan di sana.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampungpro.co