Presiden Jokowi Perintahkan BNPB hingga Polri Gerak Cepat Bantu Banjir Kalsel

infogeh.net, Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo segera mengatasi dampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Ia juga menginstruksikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis segera mengirim bantuan.

“Saya juga sudah menelepon Gubernur Kalimantan Selatan (Sahbirin Noor) untuk mendapatkan laporan mengenai banjir yang ada di Kalimantan Selatan,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Januari 2021.

Jokowi menyampaikan bantuan berupa perahu karet sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir saat ini. Kepala Negara pun mengajak masyarakat selalu meningkatkan waspada ancaman bencana banjir dan longsor.

“Bulan-bulan ini terjadi peningkatan curah hujan yang cukup ekstrem. Perhatikan selalu peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)” ujar Jokowi.

Jokowi akan terus memantau perkembangan bencana di Sumedang, Jawa Barat, dan Majene, Sulawesi Barat. Pria kelahiran Solo ini ingin pemerintah daerah dan pusat lekas hadir di tengah masyarakat dalam keadaan bencana.

Sebanyak 21.990 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, akibat hujan berintensitas tinggi. Cuaca buruk menyebabkan air sungai di Kecamatan Pelaihari meluap pada Minggu, 13 Januari 2021.

Berdasarkan Pusat Pengendali Operasi BNPB per pukul 11.40 WIB, 15 Januari 2021, tinggi muka air terpantau sekitar 150-200 sentimeter. Sebanyak 6.346 unit rumah terendam. Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) terus melakukan pendataan di lima titik pengungsian.