Presiden Jokowi dan Erick Thohir Kenakan Busana Adat Lampung Saat Upacara Kemerdekaaan RI ke-76

infogeh.net, JAKARTA – Pakaian adat Lampung naik daun dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara saat penaikan bendera Merah Putih dan Menteri BUMN, Erick Thohir yang hadir secara virtual ketika upacara penurunan bendera, sama-sama mengenakan pakaian adat provinsi yang dijuluki Sai Bumi Ruwa Jurai.

Presiden Jokowi mengenakan baju Tulang Bawang, sebutan untuk baju adat Lampung dengan motif Lampung Pepadun yang didominasi warna putih.
Sedangkan Menteri Erick Thohir, yang berasal dari Gunung Sugih, Lampung Tengah, memakai baju adat Lampung Saibatin yang aksen berwarna merah.

“Tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati Hari Kemerdekaan sudah dimulai Presiden Jokowi sejak tahun 2017, dan selalu berganti setiap tahunnya.

Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir.

Untuk pria, baju adat Lampung terdiri atas baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, kopiah, dan khikat akhir.

Sarung tumpal merupakan kain khas Lampung yang ditenun dengan benang emas, sedangkan khikat akhir atau selendang bujur dikenakan dengan cara disampirkan di pundak untuk menutupi bahu.
“Tahun lalu, saat peringatan HUT Kemerdekaan, saya juga memakai pakaian adat Lampung.

Bagi saya, mengenakan pakaian Tulang Bawang selalu mengingatkan kembali kepada mendiang ayah yang kelahiran Lampung, dan juga akar saya berasal,” jelas Erick Thohir. (Rilis*)

admin@ds
Hello, saya salah satu wartawan di infogeh.net, jika ada yang keliru dengan informasi ataupun berita yang saya berikan, mohon untuk kira nya memberitahu saya melalui komentar dibawah ini.