Pesawat Boeing 777 Mengeluarkan Asap dan Puing-puing Berjatuhan, Ini Kesaksian Penumpang

infogeh.net, Internasional – Penumpang pesawat Boeing 777 dapat melihat dari balik jendela “ada yang tidak beres” dengan pesawat yang dinaikinya. Terdapat puing-puing pesawat yang berjatuhan.

Pada Sabtu (21/2/2021), pesawat jet Boeing 777 dengan mesin seri Pratt & Whitney 4000, mengalami kerusakan mesin setelah lepas landas dari Denver menuju Honolulu. Mesin mengalami kebakaran, membuat puing-puing pesawat bertebaran di daerah pemukiman dekat Denver, Colorado.

Seorang penumpang merekam momen itu, menunjukkan mesin kanan terbakar dan lapisan luar (casing) mengelupas. Melansir dari BBC pada Senin (22/2/2021), Brenda Dohn duduk di bagian kanan pesawat Boeing 777 yang akan membawanya ke Hanolulu. Namun, tak lama setelah lepas landas terdengar suaran ledakan dari pesawat tersebut.

“Anda bisa merasakannya seperti ledakan, dan Anda dapat mendengarnya. Dan kemudian kita (penumpang) merasakan guncangan,” ujar Dohn kepada BBC. Ia menengok ke luar jendela, mengecek apa yang terjadi, setelah ia melihat ada asap dari luar, dan ia menyadari “ada sesuatu yang tidak beres”.

Baca Juga Yuk :  Bikin Geger! Temukan Mayat Nenek Membusuk di Kebun Singkong

“Saya melihat puing-puing pesawat berterbangan dari tempat kami duduk,” ungkapnya.

Ia tidak tahu pasti apa yang terjadi dengan pesawat yang ditumpanginya, tapi ia hanya berharap, “Kami dapat segera turun (dari pesawat).”

Kirby Klements, saksi mata mengatakan awalnya ia dan keluarganya mendengar dentuman keras, tapi tidak terlalu memikirkannya. Namun, mereka mendengar lagi dentuman keras lainnya. Ia melihat ke luar dari jendela depan rumahnya, dan saat itu tepat “sebuah mesin menghantam pohon”.

“Pesawat itu mendarat di atas truk saya, menghancurkannya dan kemudian jatuh,” ujarnya. Juru bicara Departemen Kepolisian Broomfield, Rachel Welte mengkonfirmasi bahwa banyak masyarakat sekitar mendengar suara ledakan yang sangat keras, yang mengejutkan mereka.

“Setelah itu mereka mulai melihat apa yang mereka semua pikir adalah sebuah puing-puing pesawat jatuh dari langit,” terangnya.

Sebuah Boeing 777 dari penerbangan United Airlines Denver ke Honolulu yang membawa 231 penumpang dan 10 awak akhirnya dapat mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Denver. Dilaporkan tidak ada korban luka dalam insiden tersebut.

Baca Juga Yuk :  Pilu, Pengantin di Lampung Ini Menikah di Depan Jenazah, Begini Kisahnya

Setelah kecelakaan pesawat di Denver, pada Minggu (21/2/2021), United Airlines mengumumkan bahwa 24 pesawat Boeing 777 dihapus dari daftar layanan penerbangan untuk sementara waktu. Langkah itu dilakukan sebagai tindakan “berjaga-jaga”, sejalan dengan seruan dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) yang menyerukan peningkatan inspeksi.

“Kami meninjau semua data keselamatan yang tersedia setelah insiden kemarin,” kata Administrator FAA Steve Dickson, pada Senin (22/2/2021).

Ia mengacu pada penerbangan United Airlines yang terpaksa kembali ke Bandara Internasional Denver pada Sabtu (20/2/2021), setelah mengalami kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas, dan menyebabkan puing-puing berjatuhan.

“Berdasarkan informasi awal, kami menyimpulkan bahwa interval pemeriksaan harus ditingkatkan untuk hollow fan blades yang unik pada model mesin ini, yang hanya digunakan pada pesawat Boeing 777,” kata Dickson.

berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi kompas.com