Pengiriman 248 Kg Ganja ke Jawa Dibekuk, Napi LP Rajabasa di Ancam Hukuman Mati

infogeh.net, Bandar Lampung – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung menangkap seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Rajabasa, Heri Susilo (26), warga Bandar Lampung, yang mengendalikan pengiriman 248 kilogram ganja dalam bentuk 248 bungkus coklat.

Penyelundupan barang terlarang itu dibantu oleh dua kurirnya, yaitu Ahmad Sawaludin (28), warga Metro, dan Habib Ramadhan (20), warga Bandar Lampung. Selain ganja, BNN juga menyita barang bukti berupa satu unit mobil dan 5 HP yang digunakan pelaku untuk berkomunikasi.

Ketiganya ditangkap di tempat berbeda,  dua kurir dibekuk di Jalan Airan, Wayhuwi, Jatiagung, Lampung Selatan. Sedangkan pengendalinya diringkus di LP Rajabasa.

Baca Juga Yuk :  Yeayy,, Mall dan Mini Market Kini Kembali Buka, Ini Syaratnya

Kepala BNNP Lampung, Brigjen Jafriedi, mengungkapkan pihaknya mendapat informasi terkait pengendali yang memesan truk guna mengangkut narkoba ke Jawa. Atas penyelidikan tersebut petugas akhirnya membekuk dua kurir saat hendak mengambil ganja tersebut untuk dibawa ke Jawa pada 6 Februari 2021 malam.

“Ini jaringan Aceh, di bawa ke Lampung oleh inisial TN dan TM (DPO). Ganja ini disimpan di gudang sekitar Way Halim. Kemudian ganja itu akan dipindahkan ke truk dan hendak diambil kurir, rencananya akan disamarkan dengan sayuran,” ujarnya.

Baca Juga Yuk :  Ini Dia penyebab Brimob Kirim 6 Polwan Terbaik ke Papua

Usai menangkap keduanya, aparat pun mengembangkan kasus tersebut, sehingga turut menangkap Heri di LP Kelas Rajabasa.

“Tercatat sudah 4 kali, Heri mengendalikan narkoba dari LP Rajabasa,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan terhadap napi yang tengah menjalani masa hukuman 15 tahun penjara itu, lanjut dia, urine dari Heri Susilo dinyatakan positif mengandung zat-zat narkotika.

Pelaku dijerat Pasal 114 ayat (2) sub 111 ayat (2) sub 132 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampost