Naik 10 Persen ! Ekspor Indonesia ke Tiongkok Meningkat Saat Pandemi

infogeh.net, Indonesia – Ekspor Indonesia ke Tiongkok meningkat sebesar 10 persen pada 2020. Padahal, tahun lalu merupakan tahun yang berat bagi perekonomian global akibat pandemi virus korona atau Covid-19.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan menyambut baik peningkatan ekspor RI tersebut kepada Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi yang tengah berkunjung ke Jakarta.

“Kunci dari kerja sama ekonomi adalah sinergi yang saling menguntungkan. Perlu terus diupayakan perdagangan yang meningkat dan lebih seimbang,” tutur Retno dalam pernyataan pers bersama, Rabu, 13 Januari 2021.

“Dalam kaitan ini, saya menyambut baik naiknya ekspor Indonesia ke Tiongkok tahun lalu sebesar lebih 10 persen di saat perekonomian global menghadapi guncangan yang berat akibat pandemi,” tambahnya.

Ia menambahkan pentingnya untuk mengatasi halangan dalam perdagangan, terutama, akses pasar bagi ekspor unggulan Indonesia ke Tiongkok, misalnya produk perikanan, buah tropis, sarang burung walet, dan kelapa sawit. Retno juga menyampaikan pentingnya meningkatkan kerja sama investasi berkualitas, ramah lingkungan, dan menyerap tenaga kerja Indonesia.

Salah satu contoh konkret kerja sama kedua negara tertuang dalam Minutes of Meeting (MoM) Pre-Feasibility Study Bendungan Lambakan di Kalimantan Timur yang baru ditandatangani hari ini. Kerja sama ini untuk mengendalikan banjir dan mengairi lahan pertanian.

MoM ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Alam Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jarot Widyoko dan mitranya dari Badan Pengembangan Kerja Sama Internasional Tiongkok (CIDCA) Deng Boqing.

“Tiongkok tengah mempersiapkan penguatan pasar baik di domestik dan internasional untuk kemajuan investasi Tiongkok di Indonesia dan seluruh dunia,”jelas Wang Yi dalam kesempatan tersebut.

Ia mengatakan, Indonesia-Tiongkok akan terus bekerja sama untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di kedua negara.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampost