Menteri Agama Usul Calon Jemaah Haji Divaksin

infogeh.net, Nasional – Calon jemaah haji yang akan berangkat haji diusulkan agar mendapatkan vaksin covid 19. Menteri Agama, Yoqut Cholil Qoumas mengusulkan hal tersebut saat menghadiri rapat kerja bersama dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Menurut Yaqut, pemberian vaksin pada calon jemaah haji Indonesia akan bisa meningkatkan kekebalan terhadap inveksi virus Covid 19 saat berhaji. Kemenag juga sudah menyurati Kementerian Kesehatan agar jamaah serta petugas haji serta umrah bisa mendapat vaksin sehingga ketika beribadah ke Tanah Suci, Arab Saudi.

Baca Juga Yuk :  Isteri Mendesah, Kode Eksekusi Pengusaha Wajan

“Terkait jumlah vaksin, Kemenkes agar dapat mengalokasikan vaksin untuk 257.540 orang,” katanya

Menurut Yaqut, ada sejumlah pertimbangan jamaah agar masuk dalam kategori prioritas vaksinasi.

Pertama, jamaah calon haji tahun 2021 kemungkinan ditolak kedatangannya oleh otoritas Arab Saudi apabila belum mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Kedua, jika belum divaksin maka akan semakin memakan waktu bagi jamaah setibanya di Saudi karena harus menjalani karantina yang memakan waktu, tempat dan biaya.

Baca Juga Yuk :  Isteri Mendesah, Kode Eksekusi Pengusaha Wajan

Ketiga, jika belum divaksin, maka jamaah harus melakukan tes usap PCR saat karantina, sebelum dan setiba di Arab Saudi.

“Alasan keempat, saat calon jemaah haji belum divaksin, perlu penerapan ‘physical distancing’ di embarkasi, selama penerbangan dan selama di Arab Saudi serta setibanya jamaah di Tanah Air,” katanya.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi suara.com