Lokasi Citraland Tak Layak Jadi Perumahan, Ini Alasannya!

infogeh.net, Bandar Lampung – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Provinsi Lampung menyebutkan bahwa lokasi Perumahan Citraland secara tata ruang tidak layak sebagai daerah tempat hunian atau perumahan.

Lantaran, menurut Direktur Eksekutif Walhi Lampung Irfan Tri Musri, lokasi Perumahan Citraland merupakan daerah perbukitan dan dataran miring.

“Seharusnya daerah tersebut ditetapkan sebagai fungsi lain, misalnya RTH (Ruang Terbuka Hijau) publik, bukan ditetapkan sebagai daerah pengembangan permukiman atau perumahan oleh pemerintah kota Bandarlampung,” ujarnya, Selasa (26/1).

Irfan menyebut, daerah perbukitan dan lereng sudah dapat dipastikan rawan longsor. Itu disebabkan tidak ada tutupan lahan untuk menahan longsor tersebut.

Diketahui, dua rumah mewah yang baru dibangun roboh akibat longsor di Perumahan Citraland, Jl. R. Imba Kusuma, Sumurputri, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandarlampung, Selasa (26/1), pukul 11.00 WIB. Kedua bangunan dua lantai tersebut berada di Blok 9, No 7 dan 8.Cluster Davinci sudah terjual, namun bum dihuni dan masih dalam proses pembangunan.

Staf Manager Citraland, Heri Gunawan mengatakan peristiwa ini adalah musibah. Rumah memang dibangun di daerah timbunan.

“Kita tetap bertanggungjawab untuk memperbaiki rumah yang longsor dan memperhitungkan kembali struktur tanah yang longsor ini dan akan kita kembalikan rencana semula,” ujarnya.