Komplotan Pengganjal ATM Asal Tanggamus Ditangkap Polisi di Jawa Barat

infogeh.net, Tanggamus – Enam orang komplotan pengganjal anjungan tunai mandiri (ATM) ditangkap polisi. Para pelaku merupakan warga Tanggamus, Lampung.

Ke-6 pelaku ditangkap polisi saat hendak beraksi di salah satu minimarket di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Sebelum ditangkap, para pelaku sempat berusaha melarikan diri dengan mencoba menabrak kendaraan milik petugas.

Para pelaku masing-masing inisial I, DY, S, AS, AS dan ES. Mereka tercatat tinggal di Kampung Banjar Agung Udik, Desa Banjar Agung Udik, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Aksi para pelaku yang berupaya kabur saat hendak ditangkap tersebut berhasil digagalkan setelah polisi mengeluarkan tembakan peringatan ke udara. Para pelaku pun langsung ciut. Petugas polisi akhirnya dengan mudah menangkap para pelaku kejahatan tersebut.

“Dari usaha penangkapan tersebut, ada usaha perlawan dari terduga pelaku pada saat penangkapan dengan cara mencoba menabrak mobil mereka ke arah mobil petugas,” kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Kamis (4/2/2021).

Letusan senjata polisi terekam dalam video yang tersebar di media sosial dan aplikasi perpesanan. Para pelaku sendiri diakui Sumarni sudah dipantau selama dua bulan lamanya.

“Mereka beraksi menggunakan dua mobil. Para pelaku telah di pantau atau diikuti selama kurang lebih dua bulan, yang mana para pelaku sudah sering melakukan pencurian dengan modus ganjal ATM. Masing-masing di dalam kendaraan bersiap-siap melarikan kendaraannya sambil menunggu kawannya yang berada di luar beraksi,” jelas Sumarni.

Polisi yang sudah memantau sigap bergerak. Kemunculan petugas membuat kawanan pelaku yang berada di dalam mobil panik dan berusaha melarikan diri dengan cara memacu kendaraannya.

“Tembakan peringatan ke udara, petugas terbagi antara yang mengamankan pelaku di luar dengan yang berada di dalam kendaraan. Mereka diketahui memang kerap beraksi antar kota dan antar provinsi,” tuturnya.

Komplotan pelaku pengganjal ATM itu ditangkap Tim Maung Hideung Unit Kejahatan dan Kekerasan Polres Sukabumi Kota saat beraksi di salah satu mini market di Jalan Siliwangi. Aksi penangkapan para pelaku kejahatan itu terekam kamera warga hingga tersebar di media sosial.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampung77