Ketua KPK: Indonesia Butuhkan Peran Jurnalis

infogeh.net, Nasional – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta jurnalis untuk turut andil dalam mencari solusi atas berbagai persoalan bangsa.

“Wartawan harus proaktif dan tidak pasif dalam melihat dan ikut menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. Tanpa keyakinan ini, kita tidak memiliki roh atau spirit dalam bekerja,” kata Firli dalam acara Buka Tahun Baru Bersama Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) XVI tahun 2021, Sabtu, 23 Januari 2021, kemarin.

Ia mengatakan, Indonesia sangat membutuhkan peran wartawan terutama di saat bencana, terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19.

“Di tengah ancaman tertular Covid-19, rela berkorban dan simpati adalah spirit yang perlu dibangun wartawan dalam bertugas. Jika wartawan tidak rela berkorban, situasi bakal sulit teratasi karena tidak ada informasi yang masuk kepada pemerintah,” ujarnya.

Firli juga berharap para jurnalis bisa menjadi sumber inspirasi bagi semua kalangan, baik pemerintah maupun masyarakat luas. Para wartawan adalah pelaksana amanat undang-undang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, membangun sikap solidaritas dan gotong royong, sekaligus membangun sikap bersahaja.

“Tanpa spirit bersahaja, solidaritas tidak mungkin akan terbangun,” ujar Firli.

Firli menjadi narasumber di hadapan ratusan wartawan Katolik di Gedung Lemhanas Jakarta. Buka Tahun Baru Bersama merupakan agenda tahunan yang digelar PWKI sejak 2005 dengan bertujuan memberi semangat nasionalisme dan patriotisme.

Firli juga merupakan salah satu penerima Anugerah “Terima Kasihku Kepadamu” dalam kegiatan Buka Tahun Baru Bersama PWKI tahun ini. Tokoh lain yang menerima penghargaan ini adalah Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan perancang busana Anne Avantie.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampost