Keren !!! Way Kanan jadi Tuan Rumah Kejuaraan Nasional Arung Jeram

infogeh.net, Way Kanan – Ajang bergengsi Kejuaraan nasional Arung Jeram akan dilaksanakan pada Tanggal 5 sampai dengan 10 Desember 2021 mendatang dan kabupaten Way Kanan terpilih Sebagai Tuan Rumah. Rencananya kejuaraan ini akan di lakukan di sungai Way Besai, Desa Bonglai Kecamatan Banjit.

Kegiatan ini diikuti oleh Kontingen dari 14 Provinsi dan 55 team dengan Kategori Tim Putra terdiri dari Youth man 9 team, Junior man 10 team, Open man 10 team dan Master man 3 team. Sementara pada Kategori Putri terdiri dari Youth woman 5 team, junior woman 9 team, Open woman 7 team dan Master woman 2 team.

Ajang bergengsi arung Jeram ini diadakan setiap tahun sekali, untuk menunjang keberhasilan tiap daerah dalam pembinaan atlet Arung Jeram.

Edwin selaku ketua Federasi Arung Jeram Kabupaten Way Kanan menyatakan dirinya siap mensukseskan acara dan mempersiapkan segala sesuatunya demi hajat nasional ini berjalan dengan lancar.

Kejuaraan Arung Jeram ini merupakan salah satu tolok ukur keikutsertaan atlet suatu Daerah dalam Pra PON maupun PON, dan merupakan tolok ukur kesuksesan pembinaan prestasi Arung Jeram di tiap Provinsi.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh atlit-atlit Nasional dari tiap Provinsi untuk memperebutkan posisi terhormat dimana mereka akan bertanding membawa Bendera Provinsi masing-masing.

Menurut Edwin yang juga selaku Kabid Pariwisata Way Kanan menambahkan kegiatan Kejurnas Arung Jeram di kabupaten Way Kanan akan berdampak pada ekonomi warga dan mendongkrak pariwisata di Way Kanan. Secara langsung Lokasi kegiatan Arung Jeram akan memberikan dampak positif pada ekonomi warga sekitar. Warga bisa berjualan dan menyewakan rumahnya untuk penginapan peserta. Acara ini juga bisa menjadi ajang promosi pariwisata alam di kabupaten Way Kanan.

Dalam situasi pandemi yang belum usai ini, tentunya Kegiatan Kejurnas Arung Jeram ini dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang disusun oleh PB FAJI berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh IRF (International Rafting Federation).