Kemenkeu: Sudah Bisa Didapat di Kantor Pos dan Berlaku Tahun Depan

infogeh.net, Nasional –  Bea materai terbaru yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) senilai Rp10 ribu, kini sudah bisa ditukarkan atau didapatkan masyarakat Provinsi Lampung ke Kantor Pos terdekat. Meski demikian, secara keseluruhan materai baru ini mulai berlaku pada 31 Desember 2021 mendatang.

Manajer Penjualan Jasa Keuangan Kantor Pos Induk Lampung Ilham mengatakan, terkait materai nilai Rp10 ribu ini rencananya awal Januari 2021 kemarin sudah berlaku, akan tetapi materai tersebut masuk ke Kantor Induk Cabang Lampung baru 28 Januari 2021. Ada pun jumlah yang masuk tahap pertama ini, ada 400 ribu keping materai.

Baca Juga Yuk :  Terbaru! Token Listrik Gratis Bulan Maret Sudah Bisa Diklaim, Begini Caranya

“Untuk materai sebelumnya senilai Rp6 ribu dan Rp3 ribu ini, tidak perlu ditukarkan karena masih berlaku. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu terburu-buru, untuk menukarkan materai sebelumnya ke Kantor Pos,” kata Ilham saat ditemui Lampungpro.co di Kantor Pos Pahoman Bandar Lampung, Jumat (5/2/2021).

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan materai senilai Rp10 ribu, bisa didapatkan di seluruh Kantor Pos Cabang di wilayah Lampung. Sebab materai tersebut sudah didistribusikan ke cabang-cabang di Provinsi Lampung, dengan harga sama Rp10 ribu.

Baca Juga Yuk :  Tewas Bersimbah Darah, Pelakunya Terekam di CCTV

“Kemudian untuk harga eceran tertinggi di masyarakat yang di jual selain Kantor Pos, bisa ditambahkan ongkos Rp1 ribu dan Rp2 ribu. Jadi maksimal hanya membayar Rp12 ribu, tarif sesuai dengan biaya yang dikeluarkan saat membeli materai di Kantor Pos,” ujar Ilham.

Untuk penggunaan materai ini, sesuai aturan Menteri Keuangan bahwa materai Rp10 ribu ini untuk nominal kwitansi diatas Rp5 juta, transaksi di perbankan dan lainnya. Namun jika dibawah itu, maka tidak diperkenankan. Namun materai ini biasanya, juga digunakan untuk keabsahan dokumen dan lainnya tetap memakai materai Rp10 ribu.