Jokowi: Seluruh Bank Syariah Dimerger Mulai Februari

infogeh.net, Nasional – Pemerintah dipastikan memperkuat industri keuangan syariah dengan penggabungan usaha (merger) seluruh bank syariah milik negara.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa merger bank syariah milik negara yang melibatkan PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BRI Syariah dan PT BNI Syariah, ditargetkan selesai bulan Februari.

“Kita memperkuat industri keuangan syariah dengan satu bank syariah terbesar di Indonesia,” kata Jokowi dalam acara ‘Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah’, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (25/1).

Baca Juga Yuk :  Luar Biasa, Tanggapi Laptop Merah Putih, Susi : Berikan Uangnya untuk BLT !

“Kita sudah targetkan, insya Allah di bulan Februari ini bisa diselesaikan,” sambungnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Syariah Indonesia (BSI) menargetkan pembiayaan bisa mencapai Rp 272 triliun. Angka itu sepadan dengan 19,43 miliar US dolar (kurs Rp 14. 000) pada 2025, dan pendanaan pada masa itu mencapai Rp 336 triliun atau setara 24 miliar US dolar.

Baca Juga Yuk :  Luar Biasa, Tanggapi Laptop Merah Putih, Susi : Berikan Uangnya untuk BLT !

BSI dinilai akan berdaya saing global dan berpotensi menjadi 10 bank syariah teratas secara global bersandarkan kapitalisasi pasar.

Karena, tiga bank BUMN yang disatukan itu dinilai memiliki kemampuan merambah perusahaan tinggi yang didukung produk syariah baru yang mampu bersaing dengan global.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi rmollampung