Ini Dia Peringatan Dini BMKG Cuaca di Lampung 10-12 Februari

infogeh.net, Lampung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), peringatan dini potensi terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Lampung pada 10-12 Februari 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Hariyanto mengungkapkan bahwa berdasarkan dari analisis kondisi cuaca dan dinamika atmosfer di atas wilayah Lampung, menunjukkan kondisi yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan.

“Sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Lampung,” ujar Rudi, dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

Rudi menerangkan bahwa potensi terjadinya cuaca ekstrem tersebut disebabkan oleh munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan munculnya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Perairan Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

“Kemudian, juga terdapat Tropical Cyclon FARAJI di Samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera. Sehingga mempengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan disekitar wilayah Lampung,” ungkap Rudi.

Selain itu, kondisi labilitas atmosfer yang kuat di sebagian wilayah Lampung juga dapat turut berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal.

Rudi memprakirakan dalam tiga hari ke depan atau periode 10-12 Februari 2021, sebagian besar wilayah Lampung berpotensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Inilah daftar wilayah di Lampung yang berpotensi hujan lebat dan dapat disertai petir serta angin kencang dalam 3 hari ke depan:

– 10 Februari 2021: Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Pringsewu, Pesawaran, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Metro

– 11 Februari 2021: Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Timur, Metro, Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat

– 12 Februari 2021: Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Pringsewu, Pesawaran, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Tanggamus, Metro, Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat

Sebelumnya, Rudi mengatakan bahwa secara umum cuaca ekstrem yang melanda wilayah Lampung bakal berlangsung hingga akhir Februari 2021.

“Kalau melihat puncak musim penghujannya biasanya identik dengan ikutannya yaitu cuaca ekstrem seperti angin kencang, petir dan hujan lebat. Itu kita perkirakan terjadi di Lampung sampaii akhir Februari ini,” tutup Rudi.

Rudi memprakirakan hujan yang terjadi di wilayah Lampung umumnya terjadi pada siang hingga sore hari ini dengan intensitas sedang hingga lebat.