Ini Dia Dua Pencuri Motor yang Beraksi di Lampung

infogeh.net, Lampung Tengah – Dua pencuri motor yang beraksi di 16 tempat kejadian perkara (TKP) wilayah hukum Lampung Tengah (Lamteng) ditangkap polisi. Dari hasil pemeriksaan, kedua pelaku juga ternyata merupakan DPO atau buronan Polres Lampung Timur (Lamtim).

Para pelaku yaitu berinisial CAJ (24) dan RA (21). Keduanya warga Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur. Keduanya ditangkap Tim Tekab 308 Polres Lampung Tengah yang dipimpin IPDA Doni bersama anggotanya, Kamis (4/2/2021) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Lampung Tengah AKP Edi Qorinas mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro mengatakan pelaku CAJ ditangkap lebih dahulu saat sedang berada di Pasar Rumbia, Lampung Tengah, sekitar pukul 23.00 WIB.

“Selanjutnya Tim Tekab melakukan pengembangan ke rekan pelaku yang mengontrak di wilayah Seputih Banyak berinisial RA dan langsung dilakukan Penangkapan,” jelas Edi Qorinas, dalam keterangannya, Jumat (5/2/2021).

Edi Qorinas menjelaskan pada Jumat (5/2/2021) sekitar pukul 02.00 WIB, setelah melakukan pemeriksaan terhadap kedua pelaku, Tim Tekab 308 Polres Lampung Tengah kemudian mengambil barang bukti dikontrakan pelaku di wilayah Bandar Mataram.

“Barang yang berhasil diamankan yaitu satu unit sepeda motor Honda Beat BE-3803-IL dengan nomor rangka MH1JFP114FK743190, satu set kunci leter T, pakaian pelaku saat melakukann aksi, serta alatalat sepeda motor dari hasil kejahatan,” jelas Edi Qorinas.

“Pelaku mengambil sepeda motor tersebut pada Senin (1/2/2021) sekitar pukul 18.30 WIB. Saat kejadian, korban sedang Sholat Maghrib di Masjid Kampung Rumbia, Lampung Tengah. Ketika selesai sholat, korban melihat motor miliknya yang diparkiran sudah tidak ada,” lanjut Kasat Reskrim.

Menurut Edi Qorinas kedua pelaku berikut barang bukti tersebut telah diamankan di Mapolres Lampung. Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengakui telah melakukan pencurian sepeda motor di beberapa wilayah Lampung Tengah yakni di wilayah hukum Polsek Seputih Surabaya 6 TKP dan sudah menjadi DPO.

Kemudian, di wilayah hukum Polsek Rumbia 5 TKP serta di wilayah hukum Polsek Seputih Banyak 5 TKP.

“Kedua pelaku juga merupakan DPO Polres Lampung Timur,” ungkap Kasat Reskrim.

Edi Qorinas menjelaskan kedua pelaku selalu berpindah-pindah tempat kontrakan untuk dijadikan tempat persembunyian setelah melakukan pencurian. “Dalam aksinya, pelaku mengincar sepeda motor yang di parkir di halaman rumah serta halaman masjid,” jelasnya.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana. “Ancaman hukumannya 7 tahun penjara,” pungkas Edi Qorinas.

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi lampung77