Ini Daftar Bank Penyalur KUR 100 Juta, Sikat Bro!

infogeh.net, Nasional – Pemerintah memutuskan akan menaikkan batas plafon kredit usaha rakyat (KUR) tanpa jaminan. Batas plafon KUR tanpa jaminan yang berlaku saat ini di bawah Rp 50 juta akan dinaikkan hingga Rp 100 juta.

Pinjaman atau KUR ini bisa didapat di sejumlah bank penyalur, di antaranya ialah bank milik pemerintah. Berdasarkan realisasi KUR yang dikutip dari kur.eko.go.id tercatat ada 46 penyalur KUR yang terdiri dari bank hingga koperasi.

Untuk bank pelat merah yang menjadi penyalur KUR antara lain PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Kenaikan batas plafon KUR tanpa agunan menjadi Rp 100 juta ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Kebijakan ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 “Arahan Presiden terkait KUR tanpa jaminan yang selama ini angkanya di bawah Rp 50 juta, ini untuk ditingkatkan plafonnya menjadi Rp 100 juta. Jadi sekali lagi yang tanpa jaminan dinaikkan dari Rp 50 juta jadi Rp 100 juta,” kata Airlangga.

Selain itu, Jokowi juga memberi arahan agar kredit untuk UMKM diperbesar menjadi Rp 20 miliar. Sebelumnya program kredit usaha untuk UMKM ini sekitar Rp 500 juta-Rp 10 miliar.

“Ini arahan Bapak Presiden ditingkatkan dari Rp 500 juta menjadi Rp 20 miliar. Ini perubahan ini yang diharapkan segera dapat dilaporkan ke Presiden,” tambahnya.

Artikel ini sebelumnya sudah pernah dimuat [disini]