Heboh!! Anggota FPDI Tolak Vaksin, Bagaimana Ini Pak Jokowi

infogeh.net, Nasional – Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP, Ribka Tjiptaning menyedot perhatian publik atas penolakan suntik vaksin Covid-19 dari Sinovac.

Politisi Partai Demokrat Roy Suryo ikut heran wakil rakyat yang satu partai dengan Presiden Joko Widodo malah menolak vaksin yang tengah siap-siap disuntikkan kepada pejabat, nakes, dan warga.

“Bagaimana ini Pak Jokowi, kami alumni asli UGM Yogyakarta sudah kompak siap divaksin, kok malahan ada anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan menolak divaksin,” cuit Roy Suryo di akun Twitternya, Selasa (12/1).

Bahkan, kata Roy, penolakan dari Ribka juga membawa kesan menakut-nakuti masyarakat dengan mepertanyakan uji klinis tahap tiga vaksin yang dilakukan Bio Farma.

“(Ribka) bahkan ‘menakut-nakuti’ masyarakat dengan bahaya-bahaya vaksin-vaksin sebelumnya dan fakta belum uji vaksin ke-3 Bio Farma. Ambyar,” tandasnya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (13/1).

Sebelumnya, Ribka beralasan bahwa sikap tegasnya menolak divaksin karena mendengar pernyataan PT Bio Farma yang menyebut belum melakukan uji klinis tahap ketiga.

“Orang Bio Farma juga masih bilang belum uji klinis ketiga dan lain-lain,” ucapnya.

Selain itu, ia mengaku memiliki pengalaman pahit dalam melihat sejumlah vaksin yang pernah masuk ke Indonesia. Hadirnya sejumlah vaksin tersebut, bagi Ribka justru memperburuk keadaan.

“Vaksin untuk anti polio malah lumpuh layu di Sukabumi, terus anti kaki gajah di Majalaya (mengakibatkan) mati 12 (orang). Karena di India ditolak, di Afrika ditolak, masuk di Indonesia dengan (anggaran) Rp 1,3 triliun waktu saya Ketua Komisi (IX). Saya ingat betul itu, jangan main-main dengan vaksin ini,” demikian Ribka.