Gempar ! Gempa Robohkan Bangunan di Mamuju, Warga Berlarian ke Gunung

infogeh.net, Mamuju – Sejumlah bangunan bertingkat roboh di kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Robohnya bangunan diakibatkan gempa susulan berkekuatan magnitudo 6,2 yang terjadi pukul 02.28 WITA, Jumat, 15 Januari 2021.

“Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami telah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami,” kata Yahya, salah seorang warga di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 15 Januari 2021.

Gempa di Mamuju berpusat enam kilometer timur laut Kabupaten Majene 2,98 LS-118,94 BT pada kedalaman 10 kilometer. Sejumlah gedung lain dilaporkan rusak, termasuk rumah sakit Mamuju.

Gempa susulan dengan magnitudo 6,2 dirasakan warga Majene di Sulbar. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, mengatakan gempa terjadi selama 5 hingga 7 detik.

Raditya mengatakan bahwa berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M6,2 ini memicu beberapa kekuatan guncangan. Yakni guncangan IV – V MMI di Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah, dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.

berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi Lampost