Cegah Surat Palsu ! Bandara Radin Inten II Validasi Surat Covid-19 Dengan Sistem Digital

infogeh.net, Lampung – Bandara Radin Inten II sejak 1 Februari 2021 mulai melakukan validasi surat Covid-19 dengan sistem digital untuk mencegah pemalsuan surat.

“Untuk sistem digitalisasi validasi surat tes cepat dan tes usap melalui Electronic-Health Alert Card (E-HAC) telah berlaku sejak tanggal 1 Februari,” kata Executive General Manager Bandara Radin Inten II M. Hendra Irawan di Balai Keratun, Selasa (2/2).

Ia mengatakan dengan diterapkannya sistem digitalisasi validasi surat tes Covid-19 diharapkan dapat mencegah adanya percaloan surat tes Covid-19 palsu di tengah masyarakat.

Baca Juga Yuk :  Akibat Jembatan Ambruk ke Sungai, Pengendara Motor Ini Tewas Tenggelam

“Ini diterapkan agar tidak ada percaloan di tengah masyarakat dan sistemnya ketika penumpang sudah melakukan tes Covid-19 nanti keluar barcode hasil tes dari sejumlah fasyankes yang telah terdata di Kementerian Kesehatan dan langsung dimasukkan di E-HAC, sehingga penumpang yang sudah terdaftar dapat langsung check in ke pesawat,” ungkapnya.

Lanjut Hendra, surat digital yang terintegrasi ke Electronic – Health Alert Card (E-HAC ) baru ada di Bandara Radin Inten II dan satu fasyankes di Kota Bandarlampung.

Baca Juga Yuk :  Hari Ini KLB Partai Demokrat Digelar di Medan

“Baru ada di bandara dan fasyankes. Jadi bila sudah teraplikasi semua petugas kantor kesehatan pelabuhan tidak perlu melakukan pengecekan lagi kepada penumpang sehingga tidak ada kontak secara langsung,” ucapnya

Berita dan informasi ini diterbitkan terlebih dahulu dihalaman resmi rmollampung