BMKG: Awas Hujan Disertai Petir-Angin Kencang, Prakiraan Cuaca Lampung 18-19 Januari

infogeh.net, Lampung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca di wilayah Lampung berlaku pada 18-19 Januari 2020.

Berdasarkan prakiraan BMKG, dalam periode tersebut hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Lampung. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Hariyanto mengatakan bahwa potensi cuaca ekstrem itu berpeluang terjadi pada pagi, siang, sore, hingga malam hari.

“Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Lampung Timur, Pesawaran, Lampung Tengah. Kemudian, pada siang dan sore hari sebagian besar wilayah Lampung. Serta malam hari di wilayah Way Kanan, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, dan Lampung Tengah,” kata Rudi, dalam keterangannya, Senin (18/1/2021).

Berikut selengkapnya prakiraan cuaca umum di wilayah Lampung berlaku 18-19 Januari 2020 pukul 07.00 WIB bersumber dari BMKG:

1. Angin secara umum bertiup dari arah Barat – Barat Laut dengan kecepatan antara 03 – 15 knots (5 – 27 Km/Jam).

2. Jarak Pandang berkisar antara 1 – 10 km.

3. Suhu Udara secara umum berkisar antara 23,0 °C – 32,0 °C, kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 15,0 °C – 30,0 °C.

4. Kelembaban Udara secara umum berkisar antara 60% – 98%, kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 70% – 98%.

5. Secara umum wilayah Lampung diprakirakan sebagai berikut :

  • Pagi hari berpotensi hujan di wilayah Way Kanan, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, Lampung Selatan, Lampung Utara, Bandar Lampung, Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, dan Lampung Barat.
  • Siang dan sore hari berpotensi hujan di sebagian besar wilayah Lampung.
  • Malam hari berpotensi hujan di sebagian besar wilayah Lampung.
  • Dini hari berpotensi hujan di wilayah Pesisir Barat, Lampung Barat, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.