Begini Cara Mengklasifikasi Timun, Tomat, Jagung, Cabai, Labu, Termasuk ke Dalam Buah atau Sayur

Infogeh.net, – Pernahkah Anda bingung saat mengklasifikasikan timun, tomat, atau bahan makanan lainnya, termasuk sayur atau buah? Sebelum mengidentifikasi apakah satu bahan makanan merupakan buah atau sayur, kita harus memahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan sayur dan apa yang disebut dengan buah.

Mengutip Live Science, keduanya dapat dibedakan dengan melihat dari bagian asalnya.

Disebut sebagai buah adalah bagian tanaman yang memiliki struktur penghasil biji dan berkembang dari ovarium tanaman berbunga. Bagian selain itu, misalnya yang berasal dari akar, batang, maupun daun disebut sebagai sayur. Itu dari sisi botanis.

Akan tetapi, berbeda jika dipandang dari sisi kuliner.

Ada yang dalam kacamata botanis termasuk buah jika tidak memiliki rasa manis atau masam layaknya buah, maka akan dikelompokkan sebagai sayur di ranah dapur. Misalnya terong, paprika, dan tomat.

Bagaimana mengklasifikasikan timun, tomat, jagung, cabai dan labu?

Timun

Berangkat dari definisi sayur dan buah yang telah dijelaskan sebelumnya, mentimun bisa dikelompokkan sebagai buah maupun sayur.

Dari segi botanis, mentimun memiliki biji dan dihasilkan dari bunga, maka termasuk buah. Sementara dari segi kuliner, mentimun dikelompokkan sebagai sayuran. Mengutip Health Line, hal itu selain karena rasanya yang hambar, juga karena cara pengolahannya.

Tomat

Sama halnya timun, tomat juga bisa disebut sebagai buah maupun sayur, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Mengutip European Food Information Council (Eufic), tomat memiliki biji, keluar dari bunga, namun dia kerap kali diolah sebagai bahan pelengkap sebuah masakan dengan rasa gurih.

Hal itu membuatnya juga dikelompokkan sebagai sayuran.

Jagung

jagung muda belum dibersihkan dari rambut-rambutnya. (PIXABAY/Couleur ) Profesor di Cornell Unversity, Marvin Pritts, menyebut jagung sebagai sebuah buah.

“Jagung adalah benih yang berasal dari bunga/indung telur tanaman jagung, jadi secara teknis adalah buah,” kata dia, dikutip dari Pop Science. Terlepas dari jagung yang tidak wajar dikonsumsi secara langsung, sebagaimana buah pada umumnya, secara fisiologis jagung bukan sayur.

Labu

Sama dengan jagung, Marvin Pritts juga memasukkan labu dalam kelompok buah, karena memiliki biji dan berasal dari bunga. Ia tetap yakin, meskipun banyak orang menyebutnya sebagai sayuran.

Sementara itu, mengutip Fruit and Veggies, labu juga bisa dikelompokkan sebagai sayur, karena tidak memiliki rasa yang manis.

Cabai

Ditilik dari segi fisiologisnya, cabai juga tergolong dalam kelompok buah. Cabai memiliki biji dan muncul dari bunga. Mengutip NDTV, dari sudut pandang kuliner, cabai dikelompokkan dalam sayuran, karena rasanya.