Asumsi Bermunculan, Suara Dentuman Misterius di Lampung Masih Jadi Teka-teki

infogeh.net, Tanggamus – Penyebab suara dentuman misterius yang disebut-sebut terdengar di sejumlah daerah di Lampung pada Kamis (28/1/2021) malam, hingga kini masih menjadi teka-teki.

Suara dentuman tersebut terdengar di sejumlah wilayah seperti Tanggamus, Pringsewu, hingga Lampung Utara pada kemarin malam sekitar pukul 22.00 WIB.

BACA JUGA : Jumat Kliwon ! Dentuman Misterius Dari Dalam Tanah Di Tanggamus

Berbagai asumsi terkait penyebab dentuman itu pun bermunculan. Tak sedikit yang menduga-duga bahwa dentuman berasal dari adanya gempa, hingga ada pula yang berasumi dentuman berasal dari benda langit atau meteor yang dikabarkan jatuh di Lampung Tengah.

Terkait adanya kabar meteor atau benda langit yang jatuh di Lampung Tengah, Tim Observatorium Astronomi Institute Teknologi Sumatera (OAIL) pun dikabarkan bakal melihat langsung ke lokasi.

BACA JUGA: Itera Pastikan Bahwa Batu Yang Jatuh Di Lamteng Adalah Meteorit

Humas Itera, Rudiyansyah mengatakan ada dua dosen yang akan berangkat ke Lampung Tengah untuk menyelidiki dan memastikan apakah benda yang jatuh tersebut adalah benda langit seperti meteor. Nantinya akan dianalisa apakah ada kaitannya benda yang dikabarkan jatuh tersebut dengan isu suara dentuman.

“Untuk saat ini kami belum bisa memberikan keterangan apapun (soal kabar meteor jatuh). Karena Tim OAIL akan lebih dahulu melihat langsung ke Lampung Tengah. Mungkin nanti sore apabila sudah ada hasilnya akan kami informasikan,” kata Rudiyansyah, saat dihubungi Lampung77.com, Jumat (29/1/2021).

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan suara dentuman di Lampung bisa saja berasal dari meteor. Namun, hal ini agak aneh secara statistik.

Astronom sekaligus peneliti madya Lapan, Rhorom Priyatikanto, mengatakan pihaknya belum melakukan analisis secara mendalam terkait dentuman di Lampung. Dia menjelaskan bahwa jika sumbernya dari meteor jatuh, efeknya memicu gelombang kejut.

“Bila itu meteor, meteor berukuran sekitar 1 meter memang bisa mencapai ketinggian rendah (beberapa puluh km) dan memicu gelombang kejut ketika jatuh dengan kecepatan supersonic. Gelombang kejut itulah yang terdengar sebagai suara dentuman,” ujar Rhorom, Jumat (29/1/2021).

Dia mengatakan ada kemungkinan dentuman di Lampung berasal dari benda langit yang jatuh. Namun, menurutnya, hal ini terasa agak aneh secara statistik.

“Bisa saja (dari meteor), tapi memang agak aneh kalau kita mendapatkan banyak laporan dentuman dalam sebulan dan semuanya diasosiasikan dengan meteor. Secara statistik, meteor yang mampu menimbulkan dentuman semacam itu hanya beberapa kali terjadi dalam 10 tahun. Itu pun terbagi di seluruh wilayah Bumi, tidak hanya di Indonesia,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Geofisika Lampung Utara, Anton Sugiharto mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya belum bisa memberikan kepastian terkait adanya isu suara dentuman di sejumlah wilayah Lampung tersebut. Menurut Anton pihaknya tidak mencatat adanya aktivitas gempa seismik pada waktu terdengarnya suara dentuman tersebut.

“Dari hasil monitoring gempa bumi, kami tidak mencatat adanya aktivitas seismik pada jam tersebut. Jadi kami tidak dapat memastikan sumber dentuman tersebut,” kata Anton.

Dihubungi terpisah, Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Andi Suardi, juga mengatakan bahwa aktivitas Gunung Anak Krakatau masih normal dan tidak ada kejadian apapun.

“Masih normal, enggak ada hembusan. Jika ada pasti terekam,” kata Andi, saat dihubungi Lampung77.com, Jumat (29/1/2021).

Menurutnya terakhir kali erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi pada April 2020 lalu. Gunung Anak Krakatau saat ini masih berada pada Level II atau Waspada. Diberitakan sebelumnya, masyarakat di sejumlah daerah di Lampung dihebohkan dengan suara dentuman misterius yang disebut-sebut terdengar pada Kamis (28/1/2021) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Di Tanggamus, Lampung, dentuman misterius tersebut dikabarkan awalnya terdengar di wilayah Talangpadang. Di grup Facebook Portal Tanggamus, kabar ini menjadi viral sejak tadi malam. Begitu pun di aplikasi perpesanan WhatsApp banyak yang menanyakan perihal asal muasal dentuman misterius yang terdengar tersebut.