Ada Tol Baru, Lampung – Palembang Kini Hanya 3 Jam

Lampung, infogeh.net – Beroperasinya ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km akan memangkas waktu tempuh dari Lampung ke Palembang. Dahulu, jarak tersebut ditempuh dalam 10 jam namun kini bisa ditempuh lebih singkat menjadi 3 jam.

“Kita ingin kecepatan dalam jaringan logistik, jika sebelumnya dari Palembang ke Lampung sekitar 10 jam, dengan jalan tol sekarang bisa 3 jam. Itu yang namanya efisiensi,” kata Presiden Jokowi saat peresmian di Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang KM 240, dikutip dari siaran pers Kementerian PUPR, Jumat (15/11/2019).

Jokowi juga mengatakan, pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera sepanjang 2.974 Km dari Lampung hingga Aceh yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

“Dengan semakin bertambahnya ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang diresmikan maka mobilitas orang, barang/logistik, dan jasa akan semakin baik yang akan berpengaruh pada peningkatan indeks daya saing bangsa,” katanya.

Kehadiran tol tersebut diharapkan bisa menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan memfasilitasi sentra produksi dengan membangun keterkaitan antara pusat produksi (kawasan industri, pertambangan, perkebunan, pariwisata) dengan outlet-outlet (pelabuhan/bandara) di Pulau Sumatera.

“Yang terpenting pembangunan jalan tol menciptakan lapangan kerja. Jalan tol sepanjang ini tidak mungkin semua dikerjakan oleh mesin, pasti butuh tenaga kerja. Selanjutnya juga berkaitan dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan jalan tol di Sumatera menjadi bukti bahwa jalan tol bukan hanya di Pulau Jawa saja,” kata Jokowi.

Keberadaan ruas tol ini akan mendukung pengembangan Kawasan Indralaya Midtown, Waterfront City Bakauheni, dan Pelabuhan Panjang di Lampung serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api di Kabupaten Banyu Asin.

Ruas tol ini sendiri terbagi terbagi atas dua seksi dimana, seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang terhampar sejauh 112 km kemudian seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 km.

Tol Terpeka memiliki 17 jembatan, enam simpang susun dan 23 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Palembang, Sumatera Selatan. Tol dengan lebar jalur utama sebesar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan enam Gerbang Tol (GT) yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.