Rumah Zakat Action adakan penyuluhan Desa Tanggap Bencana

infogeh. net, Lampung Selatan – Rumah Zakat Action Mengadakan penyuluhan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Wai Muli Timur, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan Lampung.

Penyuluhan ini langsung diisi oleh Anggota BPBD Lampung Selatan Wahyu Hidayat. “Desa yang berapada di pesisir pantai Wai Muli Timur termasuk desa yang rawan terjadinya bencana tsunami”, ucap Wahyu Hidayat.

Kegiatan ini di laksanakan mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB, Sebagian besar peserta adalah anggota siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) dan aparat desa sangat antusias mengikuti kegiatan, dengan adanya beberapa keinginan masyarakat agar di adakan simulasi penangan korban pasca bencana.

Sementara Itu Hamid Yuli Triyono Rumah Zakat Action mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat yang desanya termasuk daerah rawan bencana.

“Desa Wai muli Timur ini termasuk daerah rawan terjadi bencana tsunami karena letaknya yang dipinggir laut beradanya anak gunung Krakatau. Jadi kita lakukan penyuluhan dan simulasi tanggap bencana”, tuturnya.

Menurutnya, Rumah Zakat melakukan program siaga bencana di desa ini dengan beberapa Program. Kedeapannya program destana yaitu : Penyuluhan siaga bencana, Simulasi Siaga bencana, Pembuatan jalur evakuasi dan Media edukasi bencana.

“Selain itu ada program Kemah Siaga bencana, Pohon Energi dan Bersih sungai. Kita ajak masyarakat dengan pemberdayaan untuk siaga bencana”, tuturnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.