Berikut Kronologi Mahasiswa FISIP Unila Tewas Saat Diksar

Seorang mahasiswa Sosiologi FISIP Unila, Aga Trias Tahta meninggal dunia saat mengikuti kegiatan Diksar UKMF Cakrawala di Desa Cikoak Padang Cermin, Pesawaran yang dimulai sejak Rabu (25/9/2019).

Menurut Pengurus UKMF Cakrawala, Shyntia Claudia, Mahasiswi prodi Sosiolog, Aga meninggal pada Minggu (29/9/2019).

Diceritakan Shyntia, pada hari Kamis atau hari kedua diksar, korban sempat terjatuh diduga mengalami drop. “Tapi langsung ada upaya penanganan dari panitia dibawa ke rumah warga di atas puncak,” terangnya. Sabtu, korban kembali terjatuh. “Minggu korban juga persiapan ada pelantikan dan kembali terjatuh, dan dibawa langsung ke rumah sakit,” terangnya.

Mengenai kegiatan diksar ini, Shyntia mengaku sudah memenuhi standar. Adapun targetnya setiap diksar ini adalah melatih mental, kemudian untuk latihan fisiknya seperti push up. Shytia menyebutkan ada 13 mahasiswa yang mengikuti diksar, 12 peserta dari angkatan 2019 atau mahasiswa baru dan 1 mahasiswa angkatan 2018.

Disebut Alami Kecelakaan

Jasad mahasiswa Fisip Unila masih disemayamkan di rumah duka di Dusun Wonokarto RT 01/RW 08, Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Senin 30 September 2019.

Sejumlah rekan almarhum berdatangan untuk menyampaikan duka mendalam. Termasuk pihak Fakultas Fisip Unila pun hadir di rumah duka. Di antaranya, Ketua Jurusan Sosiologi Ikram, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP Unila Dadang Karya Bakti dan Dekan FISIP Unila Syarief Makhya.

Tidak hanya itu, hadir juga Tim Inafis dari Polres Pesawaran melakukan visum terhadap jasad korban. Mereka melakukan pemeriksaan dan pengambilan keterangan. Ketua Jurusan Sosiologi FISP Unila Ikram mengaku belum bisa memberi keterangan soal peristiwa yang menimpa mahasiswanya tersebut.

Sebab, menurut Ikram, informasi yang didapat dari mahasiswa masih simpang siur. “Dapat informasi (dari mahasiswa) belum bisa dipastikan, masih simpang siur,” tutur Ikram saat ditemui di rumah duka, Senin 30 September 2019.

Diketahui Aga Trias Tahta merupakan putra ketiga dari lima bersaudara pasangan Denny Muhtadin dan Ros. Di lingkungan tetangga, Aga Trias Tahta terkenal pendiam dan tertutup.

Sementara itu, orang tua mengetahui Aga aktif di Rois. Orangtua tidak menyangka lulusan SMA N I Gadingrejo tertarik dengan organisasi pecinta alam. Aga Trias Tahta mengikuti pendidikan dasar organisasi tersebut di Desa Cikoak, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Kamis (26/9/2019).

Tetangga korban, Muhammad Ariyanto mengatakan, keluarga mendapat kabar Aga Trias Tahta masuk Rumah Sakit Bumi Waras lantaran kecelakaan, Minggu (29/9/2019) sekira pukul 14.00 WIB.

Lantas keluarga menuju rumah sakit yang dimaksud dan mendapati Aga Trias Tahta sudah tidak bernyawa. Jenazahnya kemudian dibawa ke rumah duka sekira pukul 18.00 WIB. Sampai, Senin (30/9/2019) pukul 10.23 WIB ini jasad Aga Trias Tahta masih disemayamkan di rumah duka. Tadinya, jasad Aga Trias Tahta akan dimakamkan sekira pukul 10.00 WIB.

Berita dan informasi ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kronologis Mahasiswa Fisip Unila Meninggal Saat Ikut Diksar, Korban Sempat Beberapa Kali Pingsan, https://www.tribunnews.com/regional/2019/09/30/kronologis-mahasiswa-fisip-unila-meninggal-saat-ikut-diksar-korban-sempat-beberapa-kali-pingsan?page=3.

Editor: Dewi Agustina

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.