Ekspedhisi Superqurban Menjangkau Wilayah 3T Pekon Way Haru Kecamatan Bengkunat Pesisir Barat Lampung

infogeh, Lampung – Team Rumah Zakat yang beranggotakan 6 orang melaksanakan ekspedhisi superqurban di wilayah 3T Pekon Way Haru Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung dengan membawa 1000 paket superqurban dan 100 PMT, (26/06/19) .

6 orang relawan Rumah Zakat bergerak dari Kota Bandar Lampung pada hari Senin (24/6) pagi dengan menggunakan mobil 4 WD. Perjalanan yang ditempuh tim dari Badar Lampung hingga sampai di Desa Way Heni Kecamatan Bengkunat lebih kurang 7 jam.

Setiba di Way Heni, tim melakukan asesment jalan menuju Pekon Way Haru. Setelah melalui dua jembatan gantung, selepasnya tim menemukan jalanan tanah lumpur keras yang berlubang dalam dan tidak dapat ditempuh dengan mobil dan kondisi pantai yang sudah mulai pasang sehingga rawan jika diteruskan dengan mobil karena akan melalui satu titik yang mengharuskan melewati tebing pantai dengan ombak besar yang siap menerjang.

Sehingga tim memutuskan untuk menggunakan sepeda motor yang sudah disiapkan pihak desa sebanyak 10 motor yang sudah dimodifikasi untuk menempuh jalanan tanah yang berlubang.

Perjalanan dari Pekon Way Heni menuju Pekon Way Haru dengan sepeda motor ditempuh selama 1.5 jam perjalanan. Perjalanan yang dilalui jalanan tanah lumpur kering berlubang dan menyisiri bibir pantai pesisir barat yang merupakan laut lepas Samudra Hindia dengan ombak besar yang menghempas bibir pantai.

Tim Rumah Zakat tiba di Pekon Way Haru sekitar pukul 16.15 WIB. Tim berisitirahat sejenak dan selanjutnya menunaikan ibadah shalat Ashar berjamaah.

Selepas makan malam dan shalat maghrib, tim bersilaturahim ke rumah Peratin Pekon Way Haru Bapak Dian Setiawan. Dalam silaturahim tim Rumah Zakat bercerita tentang sejarah Rumah Zakat dan program yang dijalankan serta membahas rencana penyaluran Superqurban keesokan harinya.

Hari kedua di Pekon Way Haru, tim Ekspedhisi Superqurban langsung mengangkut Superqurban dengan gerobak sapi warga menuju Balai Pekon Way Haru yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi rumah tempat bermalam.

Setiba di lokasi perwakilan warga dari 9 Dusun dan perangkat pemangku dusun telah hadir dan menunggu tim Rumah Zakat.

Dalam sambutannya Peratin Pekon Way Haru mengucapkan ribuan terimakasih kepada Tim Rumah Zakat yang dengan kerelaan hati sudah mau datang ke Pekon Way Haru yang merupakan daerah terpencil dan tertinggal dikarenakan insfrastruktur tower telkom yang belum masuk kesini sehingga tidak adanya jaringan seluler atau pun internet untuk bisa berjejaring ke orang banyak di luar sana.

Disini secara insfrastruktur masih tetinggal jauh. Dan juga untuk qurban setiap tahunnya dari 9 dusun ini hanya 1 ekor sapi dan itu di dapat dari lembaga di luar Pekon Way Haru juga. Oleh karenanya sangat bersyukur atas bantuan kornet dan rendang superqurbannya dari Rumah Zakat ini.

Harapannya semoga tidak menjadi kunjungan pertama dan terakhir karena masih banyak harapan kami agar dibantu dalam hal pemberdayaan ekonomi warga yang mana Pekon Way Haru ini potensi alam nya yaitu komoditi kopi dan lada dan renovasi mesjid tertua di Way Haru. Selain itu juga wilayah ini memiliki potensi ternak yang sangat potensial mengingat banyaknya lahan dan lapangan rumput disini.

Setelah penyampaian dari Peratin Pekon Way Haru, dilanjutkan dengan pemaparan dari perwakilan Rumah Zakat Bapak Al Razi Izzatul Yazid. Dalam paparannya menjelaskan mengenai sejarah berdirinya Rumah Zakat dan beragam program pemberdayaan yang telah dilakukan Rumah Zakat di seribuan lebih Desa Berdaya yang telah dibina Rumah Zakat hingga saat ini.

Dan juga dijelaskan maksud dan tujuan team Rumah Zakat datang ke wilayah ini yakni dalam rangka ekspedhisi superqurban. Sebelum mengakhiri Bapak Al Razi menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan hangat perangkat pekon dan masyarakat.

Selanjutnya dilakukan serah terima simbolis superqurban dari Rumah Zakat yang diwakili Bapak Al Razi kepada Peratin Pekon Way Haru Bapak Dian Setiawan.

Dan dilanjutkan foto bersama serta pembagian superqurban kepada warga masyarakat yang hadir dan kepada pemangku dusun yang hadir.
Bapak M. Romzi selaku penyimbang adat masyarakat marga belimbing mengungkapkan rasa syukur atas kepedulian saudara saudara dari Rumah Zakat.

Semoga pemberian ini penuh keberkahan. Saya mewakili kepala adat (Raja) mengucapkan terimakasih. Semoga tidak menjadi kunjungan terakhir.

Setelah acara seremoni di Balai Pekon Way Haru, tim Rumah Zakat menyusuri kampung dari rumah ke rumah membagikan superqurban kepada warga.

Selepas makan siang dan bersistirahat sejenak, tim Rumah Zakar pamitan kepada Peratin Pekon dan warga untuk kembali ke daerah asal.

Sekitar pukul 14.00 WIB tim bergerak dengan menggunakan motor dan tiba di Pekon Way Heni sekitar pukul 16.00.
Sekitar pukul 17.00 tim rumah zakat gerak pulang menuju Bandar Lampung dengan kendaraan mobil.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.