Timnas Futsal U-20 Indonesia Gagal Melaju ke Final, Setelah Kalah 3-4 Dari Afghanistan

FUTSAL, infogeh.net – Tim nasional futsal Indonesia U-20 gagal melangkah ke final Piala Asia U-20 setelah kalah 3-4 dari Afghanistan pada semifinal di Shahif Poursharifi Arena, Tabriz, Kamis (20/6/2019) malam.

Laga yang disiarkan langsung MNCTV itu berlangsung seru. Afghanistan langsung menekan sejak peluit kickoff dibunyikan dan melepaskan sepakan-sepakan tepat sasaran. Beruntung, kiper timnas U-20 Ahmad Habiebie sigap menahannya.

Namun, gawang Habibie akhirnya kebobolan pada menit ke-8. Berawal dari kerja sama apik, Morteza Haidari mengirimkan umpan yang diteruskan Sadiq Zaheri dengan sepakan keras dari jarak dekat dan sukses mengoyak gawang Garuda Muda.

Tertinggal, skuat asuhan Kensuke Takahashi itu mencoba menaikkan intensitas serangan. Namun para penggawa Lions of Khurasan –julukan Afghanistan- bermain solid membuat Syaifullah dkk kesulitan mencari ruang tembak. Hingga turun minum, timnas U-20 belum bisa mencetak gol.

Babak kedua baru bergulir dua menit, pasukan Takahashi menyamakan kedudukan. Memanfaatkan kelengahan bek lawan, kapten Garuda Muda Rizki Xavier mencuri bola dan dengan mudah menceploskan si kulit bundar ke gawang Afghanistan kawalan Mohamad Javad Savari.

Sayang, skor imbang tak bertahan lama. Lions of Khurasan kembali unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-30 lewat tendangan mendatar Ali Arabzada meneruskan umpan tumit dari rekannya.

Kembali tertinggal, timnas U-20 tak putus asa. Semenit berselang, mereka langsung menyamakan kedudukan dengan proses gol yang serupa dengan torehan pertama Garuda Muda. Mencuri bola dari pemain Afghanistan, Agung Pandega melepaskan tembakan keras yang sukses berbuah gol.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga waktu normal usai. Akibatnya, duel tersebut harus dilanjutkan ke babak tambahan. Pada babak tambahan yang pertama, Afghanistan mampu mencetak dua gol tambahan berkat sumbangan Sayed Husein dan Dawood Yousufi pada menit ke-43 dan 44.

Pada babak tambahan yang kedua, timnas U-20 menaikkan intensitas serangan dan mengurung pertahanan Afghanistan. Usaha mereka berbuah hasil pada detik-detik terakhir berkat sumbangan Muhammad Sanjaya. Sayang, torehan tersebut tak mampu menghindari timnya dari kekalahan.

Pada babak final nanti, Afghanistan akan melawan pemenang antara laga semifinal lainnya antara Iran kontra Jepang yang akan berlangsung setelah ini di lokasi yang sama.

Sedangkan partai pamungkas digelar Sabtu (22/6/2019) malam. Beberapa jam sebelumnya, akan digelar pula perebutan peringkat ketiga antara Indonesia tim yang kalah pada semifinal lainnya antara Iran kontra Jepang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.