Kebangkitan Sepakbola Inggris, Kuasai Final Liga Champions dan Eropa

infogeh.net – SEBELUM 2018-2019, kompetisi antarklub Eropa yakni Liga Champions dan Liga Eropa dalam 10 tahun terakhir dikuasai wakil-wakil Spanyol. Tercatat dalam 10 tahun terakhir( 2008-2009 sampai 2017-2018), tujuh gelar Liga Champions dimenangi klub-klub Spanyol.

Bahkan di Liga Champions dalam lima musim terakhir, perwakilan Negeri Matador yang menjadi rajanya. Kondisi tidak jauh berbeda tercipta di Liga Eropa. Dalam 10 tahun terakhir, enam gelar di antaranya digondol wakil-wakil Spanyol.

Akan tetapi untuk musim ini, Spanyol tak bisa menunjukkan kedigdayaan mereka. Satu-satunya wakil mereka di semifinal Liga Champions (Barcelona) dan Liga Eropa (Valencia) sama-sama tersingkir.

Siapa yang menyingkirkan wakil terakhir Spanyol musim ini? Seperti yang kita tahu, jawabannya adalah klub asal Inggris. Liverpool melibas Barcelona dengan agregat 4-3, sedangkan Arsenal membungkam Valencia lewat agregat 7-3.

Hebatnya tak hanya Liverpool dan Arsenal, wakil Inggris yang lolos ke final Liga Champions dan Liga Eropa. Tottenham Hotspur (Liga Champions) dan Chelsea (Liga Eropa) juga melakukannya.

Alhasil, final Liga Champions dan Liga Eropa mempertemukan dua wakil Inggris. Final Liga Champions 2018-2019 mempertemukan Liverpool vs Tottenham pada Minggu 2 Juni 2019 dini hari WIB di Estadio Wanda Metrpolitano. Sementara itu, Arsenal dan Chelsea saling bersua di final Liga Eropa yang diselenggarakan di Stadion Olympic Baku pada Rabu 29 Mei 2019 sore WIB.

Otomatis, Piala Super Eropa 2019 yang dilangsungkan di Vodafone Park, Turki pada 14 Agustus akan mempertemukan dua wakil Inggris. Hal itu menunjukkan kebangkitan klub-klub Inggris yang sudah cukup lama tertidur di kancah percaturan antarklub Eropa.

Terakhir kali klub Inggris menjadi raja Liga Champions ialah pada 2011-2012 (Chelsea). Sementara di Liga Eropa, Manchester United menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 di partai puncak edisi 2016-2017.

sumber: okezone

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.