Penjelasan PLN Terkait Listrik Padam Merata di Provinsi Lampung

infogeh.net, Bandar Lampung – Pemandaman listrik pada pukul 18.27 – 21.31 WIB kemarin (26/4) di Kota Bandar Lampung membuat keresahan banyak masyarakat.

Ternyata itu juga dirasakan oleh sebagian besar di wilayah Provinsi Lampung seperti, Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Utara, Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran, Mesuji, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Metro, dan Way Kanan.

Plt. Manager Komunikasi PT PLN (PERSERO) Unit Induk Distribusi Lampung, Junarwin mengatakan, terjadinya pemadaman ini disebabkan oleh Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang menghubungkan Gardu Induk Tarahan dan Gardu Induk Sutami lantaran tersambar petir.

“Beberapa unit pembangkit di Sistem Kelistrikan Lampung yang lokasinya berdekatan dengan lokasi SUTT pada titik sambaran petir ikut terdampak sehingga menyebabkan peralatan pengamanan sistem otomatis yang terpasang di Gardu Induk Kotabumi dan Gardu Induk Adijaya sebagai titik interkoneksi sistem Kelistrikan Lampung dan sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Selatan dan Tengah (Sumbagselteng) terputus,” katanya Sabtu (27/4).

Kejadian ini kemudian diikuti dengan peralatan di seluruh Gardu Induk di Lampung lainnya yang ikut merespon dengan memadamkan beban listrik sesuai SOP.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah pemadaman yang lebih luas dan untuk mempercepat proses penyalaan kembali. Sedangkan, beban di daerah Lampung Barat, Pesisir Barat, dan sebagian Lampung Tengah masih normal dan tidak terjadi pemadaman,” jelas dia.

Pada pukul 19.16 WIB, PLN kembali memulihkan sistem kelistrikan Lampung dan hingga pukul 22.00 WIB terdapat pengurangan beban sebesar 150 MW.

“Kepada seluruh pelanggan yang berada di lokasi pemadaman mohon bersabar sampai proses recovery ini selesai dan seluruh wilayah di Lampung normal kembali karena sampai dengan saat ini PLN masih berupaya untuk percepatan recovery,” imbaunya.

Untuk kemudahan informasi dan layanan silakan menghubungi Contact Center di telepon (0721) 123, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123. Informasi jadwal pengurangan beban dapat dilihat di Facebook PLN Distribusi Lampung dalam info pemeliharaan.(**)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.