64.654 Siswa SMA/MA Lampung Siap UNBK Hari Ini

Bandar Lampung, infogeh.net -Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA di Lampung akan diikuti sebanyak 64.654 siswa, Senin (1/4). Para siswa tersebut berasal dari 787 SMA/MA di Lampung untuk menjalani UNBK selama empat hari.

Pemantauan di beberapa sekolah yang menyelenggarakan UNBK, Ahad (31/3), persiapan menggelar UNBK di SMA dan MA di Kota Bandar Lampung sudah rampung. Para siswa yang akan mengikuti ujian juga menyatakan sudah siap untuk mengikuti ujian pada hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Saya dan teman lainnya sudah siap mengikuti UNBK besok. Sebab, sebelumnya kami sudah mempersiapkan belajar dan mengerjakan soal-soal latihan UNBK di sekolah. Mudah-mudahan kami dapat mengerjakan soal-soal UNBK nanti,” kata Tika, salah seorang siswi SMAN 9 Bandar Lampung.

Menurut dia, UNBK sekarang lebih cepat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sehingga, pihak sekolah juga lebih banyak mempersiapkan menghadapi UNBK yang dipercepat pada April 2019 ini. Selain itu, banyak juga siswa yang mengikuti bimbingan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Sedangkan Reza, salah seorang siswa SMA negeri di Bandar Lampung mengaku, tidak begitu mempersiapkan secara ekstra menghadapi UNBK selama empat hari mendatang. Menurut dia, persiapan yang penting adalah kesehatan yakni makan dan minum, serta istirahat yang cukup. “Dari pada belajar seharian, lebih baik banyak istirahat agar badah sehat dan segar mengerjakan ujian besok,” ujarnya.

Persiapan secara khusus, ia mengatakan, selama di sekolah para pengajar sudah memberikan materi dan soal-soal latihan dalam rangka menghadapi UNBK. Sehingga, para siswa setidaknya sudah dapat mengetahui teknis pengerjaan soal dala materi UNBK nanti. “Di kelas kami sudah selalu mengerjakan soal-soal, jadi sudah terbiasa setiap hari,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung, Diona Katharina mengatakan, terdapat sebanyak 64.654 perserta UNBK tahun 2019 di Lampung. Mereka terdiri atas 28.313 siswa laki-laki, dan 36 341 siswa perempuan.

Pelaksanaan UNBK, kata dia, berlangsung empat hari mulai Senin (1/4). Hari pertama materi ujian Bahasa Indonesia, hari kedua Selasa (2/4) Matematika, hari ketiga Kamis (4/4) Bahasa Inggris, dan hari terakhir Senin (8/4) mata pelajaran jurusan.

Menurut dia, hari terakhir para peserta UNBK SMA/MA mata pelajaran yang diujikan berdasarkan jurusan yang dipilihnya, seperti IPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan. Mengenai kesiapan sekolah menyelenggarakan UNBK, ia mengatakan semua sekolah sudah siap baik secara fisik maupun sumber dayanya. Sedangkan untuk jaringan listrik, ia berharap tidak terjadi pemadaman listrik.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.