Presiden Jokowi Meresmikan Tol Bakauheni

Lampung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (8/3/2019). Peresmian dilakukan di depan Gerbang Tol Natar, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Ini adalah bagian dari Lampung ke Aceh. Kapan tersambung? 2024 akan tersambung Aceh dan Lampung,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Secara spesifik, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki panjang 140,9 kilometer. Tol ini dibangun selama 4 tahun, tercepat menurut Menteri BUMN Rini Soemarno.

“Kenapa bisa sangat cepat? Pembebasan lahan dan tanah cepat dan tadi ada ASN kita, ketua tim pembangunan ini, Pak Adham, dipanggila Allah SWT,” tutur Jokowi.

Sebelum peresmian, Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah direktur utama BUMN dan wartawan memantau sejumlah ruas jalan tol tersebut.

“Ini benar-benar pembangunan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tercepat empat tahun,” ujar Rini seraya menyebut tol itu akan tersambung hingga ke Palembang, Sumatra Selatan.

Ruas itu memiliki panjang 140,9 kilometer (km). Ruas KM 0-KM 40 dikerjakan PT PP, KM 40-KM 75 oleh PT Waskita Karya, KM 75-KM 90 dikerjakan PT Adhi Karya, dan KM 95-KM 140,9 oleh PT Waskita Karya.

Peresmian itu akan menandai penambahan ruas jalan tol yang sudah dibangun pemerintah. Sepanjang 2018, sudah diresmikan ruas baru sepanjang 780 km.

“Secara total kita sudah bangun banyak. Merak sampai Surabaya sudah tersambung, tambah lagi di Probolinggo,” ujar Rini.

Dalam proses pengerjaannya, mantan petinggi PT Astra Internasional itu menyebut aspek terberat adalah meyakinkan warga terkait lahan.

“Bagaimana membebaskan dan memberikan pengertian ini berguna. Pembebasan lahan cukup baik,” kata Rini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.