3 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Semuanya Berada di Sumatera

Lampung,infogeh.net – Predikat tol terpanjang di Indonesia kini dipegang oleh ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) yang panjangnya 140,9 km. Sebelumnya tol terpanjang di Indonesia dipegang oleh tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang panjangnya 116 km.

Gelar tol terpanjang di Indonesia sendiri tak bakal bertahan lama dipegang oleh tol yang dimulai dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung tersebut. Ada tol baru lagi yang lebih panjang lagi segera diresmikan pada tahun ini.

Tol tersebut adalah tol lanjutan Bakter, yakni ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang panjangnya 189 km. Dari data Kementerian PUPR yang dikutip Jumat (8/3/2019), bagian dari tol Trans Sumatera tersebut rencananya dioperasikan pada Juni 2019 mendatang.

Namun tahukah Anda, bahwa tiga tol terpanjang di Indonesia semuanya ada di Sumatera? Sumatera yang sebelumnya asing dengan yang namanya jalan tol perlahan penuh dengan jalan bebas hambatan tersebut.

Tol tersebut adalah ruas Padang-Pekanbaru 240 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung 189 km dan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat 144 km. Ketiga tersebut digarap oleh Hutama Karya.

Adapun ruas tol Padang-Pekanbaru sendiri ditargetkan beroperasi 31 km lebih dulu pada rentang 2020-2021. Sedangkan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat ditarget tuntas 144 km pada tahun 2020 mendatang.

Berikut data 3 tol terpanjang di Indonesia:
1. Padang-Pekanbaru
Panjang: 240 km
Target penyelesaian: Desember 2024
2. Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung
Panjang: 189 km
Target penyelesaian: Juni 2019
3. Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat
Panjang: 144 km
Target penyelesaian: 2020

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.