Tips Mempercepat Koneksi Internet Yang Lambat di Smartphone

infogeh.net – Internet berguna dalam pekerjaan manusia modern. Hampir di seluruh perusahaan yang ada di dunia ini, membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan bisnis mereka.

Maka tidak heran, jika di masa sekarang ini, internet menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Karena keseharian manusia saat ini, selalu bergelut dengan gadget, smartphone dan teknologi lainnya, yang membutuhkan koneksi internet.

Para pengguna smartphone sendiri, sangat membutuhkan internet, untuk dapat terhubung dengan dunia luas. Setiap harinya, para pengguna gadget menghabiskan sebagian besar waktunya, bersama gadget atau smartphone mereka.

Oleh sebab itu, saat ini koneksi internet yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan. Namun sayangnya, belakangan ini koneksi internet di Indonesia sangat tidak stabil, dan sering kali mengalami gangguan. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab koneksi internet lambat.

Tapi dengan tips cara mempercepat koneksi internet yang dikutip dari Teknorush.com ini, maka kamu bisa mengembalikan kecepatan internet di smartphone seperti sedia kala. Mari simak tipsnya berikut ini.

1. Berpindah Lokasi

Biasanya koneksi internet sangat bergantung terhadap lokasi. Dimana pada beberapa lokasi, sering kali jaringan selular tidak bisa diterima dengan baik oleh ponsel, sehingga menyebabkan koneksi internet lambat.

Cara mengatasi internet lambat di smartphone yang pertama adalah, dengan berpindah lokasi. Carilah lokasi yang lebih terbuka, dan tidak terlalu mendalam pada sebuah bangunan.

Banyaknya bangunan tinggi di sekitar rumah, juga dapat mempengaruhi kualitas jaringan. Sebab, sinyal akan sulit diterima oleh perangkat, karena terhalang oleh tembok bangunan yang tebal.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Jika koneksi internet lambat, maka kamu juga bisa memperbarui sinyal jaringan. Cara memperbarui sinyal jaringan pada smartphone adalah, dengan mengaktifkan mode pesawat lalu menonaktifkannya kembali.

Jika mode pesawat aktif, maka perangkat tidak akan menerima jaringan sama sekali. Setelah mode pesawat dinonaktifkan lagi, maka perangkat akan kembali menerima sinyal jaringan. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan jaringan yang sebelumnya melambat, agar bisa menjadi lebih cepat.

3. Reset Pengaturan Jaringan

Mengembalikan pengaturan jaringan pada ponsel, juga bisa membantu mempercepat koneksi internet di Android. Misalnya kamu pernah membuat pengaturan custom, yang membuat koneksi internet menjadi melambat. Maka kamu bisa mereset kembali pengaturan jaringan tersebut.

Pada Android Oreo, kamu bisa mereset pengaturan jaringan melalui menu Setting > Jaringan & Internet > Setelan Jaringan Diatur Ulang > Setel Ulang Setelan.

4. Matikan VPN

VPN adalah jaringan virtual pribadi yang memungkinkan kamu membuka situs yang diblokir. Biasanya ketika VPN diaktifkan, maka kualitas jaringan akan berkurang. Hal ini dikarenakan server yang digunakan bukan berasal dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri.

Untuk mengembalikan koneksi internet pada kecepatan semula, maka kamu hanya perlu mematikan aplikasi VPN yang sedang berjalan.

5. Restart Smartphone

Jika semua cara mempercepat internet di smartphone di atas belum berhasil, maka kamu perlu melakukan langkah terakhir. Langkah yang terakhir adalah mereset smartphone.

Biasanya smartphone yang terlalu lama menyala, akan mengalami kendala jaringan meskipun sinyalnya penuh. Tapi dengan melakukan restart pada smartphone, maka jaringan internet akan kembali normal.

Itulah dia beberapa tips yang bisa digunakan, terkait cara mempercepat koneksi internet di Android. Jika kamu mengalami masalah jaringan di smartphone kamu, maka jangan ragu untuk mencoba tips yang telah disampaikan di atas ya!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.