Lima Tokoh Kerajaan in Menghilang Tanpa jejak

Infogeh.net- Tim infogeh telah merangkum beberapa tokoh terkenal masa kerajaan di indonesia atau nusantara saat itu yang menghilang tak pernah tau di mana setelah masa kejayaannya habis, bahkan letak persemayaman terakhirnya pun hingga kini tak pernah di temukan.

1. Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi adalah salah satu Raja Pajajaran yang terkenal dengan kesaktiannya. Dia memiliki banyak pengikut serta membuat Negeri Sunda menjadi terkenal seantero Nusantara. Ketika ajaran agama Islam masuk ke Tanah Air, konon ia memilih menyingkir.

Prabu Siliwangi akhirnya memutuskan untuk melakukan tapa brata mencapai moksa. Sebelum ia pergi meninggalkan kerajaannya, Sang Prabu hanya berpesan kepada keluarga dan para pengikutnya untuk bebas memilih agama menurut keyakinan mereka sendiri.

2. Prabu Brawijaya V

Saat itu Majapahit kalah berperang dengan Kerajaan Kediri, dan sebelum istana kerajaan dihancurkan oleh pasukan lawan. Prabu Barawijaya V sempat melarikan diri dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan jalan bertapa moksa.

Namun ada juga versi lain, sebelum moksa, Prabu Brawijaya V masih memeluk agama Buddha. dia meminta Sunan Kalijaga yang masih merupakan keturunannya (cucu) untuk mengislamkannya. Setelah menjadi mualaf.

3. Prabu Jayabhaya

Dibalik kejayaan Prabu Jayabhaya, ia masih dihantui rasa bersalah dan berdosa karena telah membunuh saudaranya sendiri. Penyesalan ini semakin berlarut-larut, hingga akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan Kerajaan Kediri yang ia pimpin.

Kesaktiannya dan keberhasilannya menjadi seorang pinilih (pilihan) menurut agama Hindu, membuatnya tidak pernah meninggal karena dia dapat melalui proses kematian normal dengan cara moksa.

4. Semar (Sabdo Palon Noyo Genggong, Kyai Lurah Semar Badranaya)

Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa Punokawan termasuk Semar di dalamnya adalah tokoh fiktif, namun tidak sedikit yang mempercayainya.

Sabdo Palon merupakan tokoh spiritual Prabu Brawijaya V yang kecewa akan keputusan rajanya untuk memeluk agama Islam. Dia memutuskan untuk pergi dan menghilang secara moksa setelah Prabu Brawijaya V menjadi mualaf.

5. Mahapatih Gajah Mada

Jejak kematian Gajah Mada masih menjadi teka-teki misteri yang belum berhasil terungkap sampai sekarang. Ada dua versi, pertama dia diceritakan mengalami sakit dan pada akhirnya meninggal dunia pada tahun 1364. Hal ini seperti yang tertulis pada Kitab Kakawin Nagarakretagama.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.