Operasi Sikat 2017 Polres Pesawaran Amankan Banyak Tersangka

Pesawaran (gerbangrepublik.com ) – Kepolisian Resort (Polres) Pesawaran himbau masyarakat untuk dapat menyerahkan kepemilikan Senjata Api (Senpi) ilegal. Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Pesawaran AKBP Syarhan usai melakukan ekspose hasil penangkapan operasi Sikat Krakatau 2017, di Mapolres Pesawaran (8/2). “Saya minta kepada seluruh masyarakat untuk dapat menyerahkan senpi ilegal yang dimiliki, guna menghindari penyalahgunaannya,” ungkapnya.
Menurutnya, dalam operasi Sikat 2017 kali ini, Polres Pesawaran berhasil mengamankan satu unit senpi ilegal jenis revolver. “Kita berhasil mendapatkan satu unit senpi ilegal dan amunisinya sebanyak 20 butir, yang digunakan oleh salah satu tersangka pelaku Curas di wilayah Tegineneng,” ujarnya.
Ditambahkannya, hasil operasi Sikat Krakatau ini, Polres Pesawaran juga mampu menangkap 16 tersangka yang terlibat kasus Curas, Curat dan penyalahgunaan narkoba. “Operasi ini berjalan selama 14 hari dimulai dari tanggal 23 Januari 2017 hingga 5 Februari 2017,” tambahnya.
Dijelaskannya, seorang residivis berinisial M, juga dapat dibekuk anggota Polres Pesawaran dalam operasi tersebut. Dan saat ini keseluruhan tersangka tengah dalam proses lidik dan pengembangan. “Dari ke 16 tersangka ada satu orang residivis, dan keseluruhan tersangka masih kita lidik untuk melakukan pengembangan, sebab, kita masih mengejar adanya keterlibatan pelaku lain serta ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” jelasnya.
Ia menuturkan bahwa, dalam melakukan pengamanan di Kabupaten Pesawaran, Polres Pesawaran selalu bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat. “Kami selalu menjalin komunikasi dengan para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam melakukan pengamanan serta menjalankan program patroli rutin, sambang masyarakat serta bersinergi dengan anggota TNI,” tuturnya.
Ia pun menerangkan, Polres Pesawaran juga telah melakukan mapping terhadap titik rawan terjadinya tindakan kriminal di Kabupaten Pesawaran. “Untuk pemetaan kami sudah melakukan pemetaan, tapi yang jelas seluruh wilayah hukum Polres Pesawaran menjadi fokus pengamanan kami,” terangnya.
Diketahui, dalam operasi Sikat Krakatau 2017 Polres Pesawaran berhasil mengamankan 16 orang tersangka dan sejumlah barang bukti berupa 5 kendaraan roda dua, 1 buah senpi jenis revolver serta 20 amunisinya, kunci leter T, narkoba jenis sabu sebanyak 7 gram dan uang sebanyak Rp2,5 juta. (ERY)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.