Dana PIP Tertunda , Ketua Komite Jemput Bola


Gerbangrepublik.com – Lambannya pencairan Dana Program Indonesia Pintar ( PIP ) membuat gerah  Ketua Komite SMPN 1 Pesawaran Erlan Soffandi.
” Dana itu kan seharusnya sudah dicairkan pada bulan Desember 2016 lalu, tapi tiap kali pihak sekolah mempertanyakan proses pencairannya di Bank BRI Gedongtataan, katanya selalu diminta untuk menunggu,” jelasnya  kepada awak media  Selasa (10/1).
Ditambahkan Erlan, beberapa Kecamatan lain dana PIP itu sudah dapat dicairkan, tapi, untuk proses pencairan yang dilakukan Bank BRI Cabang Pembantu Gedongtataan terkesan lambat dan belum terealisasi .
“Di Kecamatan Kedondong itu sudah cair sejak Desember 2016 lalu, tapi disini belum bisa dicairkan,” tambahnya.
Dana  PIP bantuan  Pemerintah Pusat,  merupakan bantuan kepada seluruh siswa yang memiliki prestasi yang baik.
“Ya dana itu kan, tujuannya untuk diberikan kepada siswa yang berprestasi, jadi tidak pandang dia anak orang kaya ataupun orang tidak mampu, asalkan murid itu berprestasi pasti akan dapat bantuan PIP itu,” tambahnya.
Dijelaskannya, untuk SMPN 1 Gedongtataan ada sebanyak 169 siswa yang berhak mendapatkan dana PIP itu, namun hingga saat ini bantuan tersebut belum dapat dicairkan. “Kalau tidak salah satu siswa itu dapat bantuan sebesar Rp375 ribu, nah dana itu kan bisa sedikit membantu para siswa,” jelasnya.
Ia pun menandaskan bahwa, dirinya telah berkoordinasi dengan Bupati Pesawaran (Dendi Ramadhona) untuk sekedar membantu mengawasi penyaluran dana bantuan tersebut. “Memang dana itu kan sumbernya dari APBN, tapi kemarin sudah saya sampaikan kepada pak Bupati terkait hal ini, dan beliau mengatakan jika proses administrasinya sudah tidak masalah, saya diminta untuk mengecek proses pencairannya di Bank BRI Cabang Pembantu Gedongtataan,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Pembantu Bank BRI Gedongtataan Moko menuturkan bahwa, pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap proses pencairan dana itu, dan ia mengaku bahwa memang ada sedikit kendala yang dialami pihaknya dalam melakukan proses pencairan dana tersebut. “Sebenarnya bukan kami menghambat, tapi memang kami ada keterbatasan SDM, apalagi untuk sekedar melakukan proses pencairan dana seperti ini, ini memang masih dalam daftar tunggu,” tuturnya.
Namun begitu, pihaknya mengatakan akan segera mengerjakan proses pencairan dana PIP tersebut, agar segera dapat disalurkan kepada para penerima dana PIP. “Kalau saya bisa menganalogikan, kenapa di Kecamatan Kedondong bisa cair duluan, ini karena beban tugas yang ada di Kedondong dan disini kan berbeda,” katanya.
“Tapi kebetulan, untuk berkas proses pencairan dana PIP ini, pada hari ini sudah mulai akan dikerjakan, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera kita cairkan, kalaupun, nanti ada kekurangan dalam kelengkapan administrasi, nanti akan kita sampaikan kepada pihak sekolah,” tutupnya. (Her )

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.