304 Warga Lampung Tengah Positif DBD

Lampung Tengah, (SNC): Sebanyak 304 warga di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) hingga November 2016 positif  terjangkit virus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dua diantarnya dinyatakan meninggal akibat virus yang ditularkan nyamuk aides aigepti tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi pemberantadan penyakit, P2PL Dinas Kesehatan Lampung Tengah Bambang Setiawan,” Dari jumlah yang sudah ada kami terima sudah dua pasien yang meninggal dunia, Pasien tersebut karena korban terlambat untuk berobat kerumah sakit,” jelasnya, Selasa (29/11/2016).

Sejauh ini menurutnya, Dinas kesehatan sudah berupaya melakukan pencegahan menggunakan sistem foging (pengasapan) di 113 fokus atau titik rawan DBD.

“Kami lakukan pencegahan disetiap lokasi yang sangat rawan DBD. termasuk Bandarjaya, atau daerah yang sampahnya tidak terkelola dengan baik. Sistem fogging kita gunakan, pakai obat insektisida dan bahan bakar solar supaya memusnahkan jentik (bibit) nyamuk disetiap fokus pencegahan DBD,” kata dia lagi.

Lanjutnya, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk ikut mengantisipasi pencegahan DBD dengan program 3M plus. Apalagi, kata dia, dimusim penghujan perkembangbiakan nyamuk penular DBD sangat signifikan.

“Nanti puncaknya pada akhir tahun atau awal tahun biasanya. Makanya masyarakat harus waspada dan dianjurkan untuk menerapkan 3 M, yakni menguras,menutup dan mengubur,” tambahnya. (Ktr SNC)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.