Aprilani Yustin Ficardo Ingatkan Pemeriksaan Dini Kanker Payudara dan Serviks

Bandar Lampung, (SNC): Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Aprilani Yustin Ficardo, menaruh perhatian tinggi terhadap kesehatan perempuan dan mengkampanyekan Pemeriksaan dini Kanker Payudara dan Serviks kepada Ibu Guru se-Lampung di Aula SMA 2 Bandar Lampung, Kamis (24/11/2016).
Yustin menyampaikan ini saat memperingati Hari Guru dan PGRI ke-71, Yustin menyasar perhatian kepada para Ibu Guru agar turut menjaga kesehatan. Perhatian ini Ia berikan karna menurutnya Guru merupakan sosok paling penting dan berjasa terhadap generasi penerus.
“Gerakan ini adalah perhatian pemerintah selain kepada kesejahteraan juga kepada kesehatan para Guru.” Ujar Yustin.
Ia mengingatkan bahwa kanker memang cukup menjadi perhatian dia, karna perempuan rentan terhadap kanker serviks dan payudara. Apalagi banyak perempuan yang cendrung kurang menyadari tanda-tandanya dan enggan memeriksakan dirinya.
Untuk itu Yustin mengajak agar para wanita terutama para Ibu Guru bisa mengecek dirinya sendiri agar bisa diobati sebelum memasuki kanker stadium lanjut.
“Upaya deteksi dini kanker bisa dilakukan dengan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Mengapa pencegahan dan pengecekan awal dilakukan sendiri, karna  kitalah yang lebih tahu dan mengenal diri kita. Kita lakukan dengan rutin, sehingga bila ada perubahan kita bisa mengetahui sejak awal.” Himbau Yustin. 
Selain mengkampanyekan SADARI yustin juga mengkampanyekan SADANIS atau Periksa Payudara Klinis, jadi selain memerika secara sendiri, juga dilakukan pemeriksaan klinis atau medis. Sehingga para ibu dan wanita bisa lakukan langkah-langkah pengobatan dini.
Untuk pengecekan leher rahim atau serviks Yustin menerangkan dengan metode IVA (inspeksi Visual Asam Asetat), dengan metode ini dapat diketahui ada tidaknya abnormalitas atau lesi pra kanker. (aji)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.