Kemiripan Makanan Khas Lampung, Palembang, Kalimatan, & Bengkulu

Net
SNC: Kita tentu mengetahui setiap daerah diberbagai belahan Indonesia memiliki makanan khas masing-masing daerah yang kemudian dijadikan sebagai ciri dari daerah itu sendiri.
Ada yang menyebut bahwa makanan yang demikian itu hanya terdapat di daearah tertentu saja, namun ternyata tidak begitu..ternyata ada pula kesamaan ciri khas yang juga terdapat di daerah lain.
Makanan apakah itu?
Jawabannya adalah  Tempoyak, Tempoyak selain dapat ditemukan di Provinsi Lampung, makanan yang terbuat dari buah Durian hasil dari proses fermentasi ini juga terdapat di Provinsi Palembang, selain Palembang terdapat pula di Provinsi Bengkulu bahkan di Kalimantan.
Setiap daerah memiliki cara pelafasan sendiri berdasarkan bahasa. walaupun diakui terdapat penyebutan (lafas) nama sedikit berbeda, namun sebenarnya maksudnya sama .
Makanan ini juga ternyata cukup terkenal di Negara Malasya.Citarasa yang ditimbulkan dari Tempoyak adalah asam,hal ini karena proses fermentasi dari buah Durian (daging Durian).

Makanan ini biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi, dimasak secara langsung (goreng), Pepes, atau dijadikan bahan campuran untuk penyedap rasa masakan lainnya. ()

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.